Breaking News:

Tribun Sulsel

Presentase Nilai Kontrak DAK Fisik 25 Pemda se-Sulsel, Palopo Tertinggi

Nilai kontrak yang didaftar seluruh Pemda lingkup Sulsel mencapai Rp3,3 triliun atau 93 persen dari alokasi yang disediakan pemerintah pusat

Penulis: Muhammad Fadhly Ali | Editor: Suryana Anas
Humas DJPb Sulsel
Kepala Kanwil DJPb Sulsel Syaiful 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sulawesi Selatan (Kanwil DJPb Sulsel) mencatat nilai kontrak yang didaftar seluruh Pemeritah Daerah (Pemda) lingkup Sulsel mencapai Rp3,3 triliun atau 93 persen dari alokasi yang disediakan pemerintah pusat sebesar Rp3,6 triliun.

Alokasi DAK Fisik tersebut telah diterima sejak penetapan APBN Tahun Anggaran 2021 disahkan dan Daftar Alokasi Dana Transfer dan Dana Desa diserahkan kepada Kepala Daerah

Kepala Kanwil DJPb Sulsel Syaiful mengatakan, Pemerintah Pusat dalam hal ini Menteri Keuangan telah memberikan relaksasi perpanjangan batas waktu penerimaan dokumen persyaratan penyaluran DAK Fisik tahap I dan DAK Fisik yang disalurkan secara sekaligus yang semula paling lambat (21/7/2021) menjadi paling lambat (31/8/2021).

“Pemerintah Pusat memahami adanya kendala yang menghambat proses Pengadaan Barang dan Jasa, sehingga memberi kesempatan kepada Pemda mempercepat proses pengadaan sampai dengan (31/8) dengan harapan pemda dapat menggunakan alokasi anggaran DAK Fisik ini lebih maksimal,” ujar Syaiful, Minggu (5/9/2021).

Berdasarkan data Aplikasi MINASATA Kanwil DJPb Sulsel, tercatat Pemda dengan prosentase pendaftaran kontrak paling tinggi adalah Pemkot Palopo dengan nilai kontrak DAK Fisik sekitar 98,44 persen dari alokasi yang disediakan.

Sedangkan Pemda dengan prosentase rendah yakni Pekot Makassar (64 persen), Tana Toraja (84 persen) dan Barru (87 persen).

Syaiful menambahkan, penyaluran DAK Fisik di masa pandemi menjadi penting perannya, terutama untuk mendongkrak perekonomian.

“Di tengah kelesuan ekonomi, anggaran DAK Fisik dalam bentuk belanja modal yang membiayai kebutuhan infrastruktur dapat menciptakan tenaga kerja baru di masa pandemi dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah,” katanya.

Realisasi 24%

Samapi Jumat (3/9/2021), penyaluran DAK Fisik mencapai nilai realisasi Rp866,97 miliar atau 24 persen dari nilai pagu.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved