Breaking News:

Utang

Utang Anda Menumpuk? Ini 8 Trik Mudah Melunasi Utang

Ketika memutuskan mengambil utang, biasanya seseorang telah merencanakan untuk apa utang tersebut diambil dan bagaimana cara pengembaliannya.

Editor: Muh. Irham
KOMPAS.COM
Ilustrasi utang. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Utang sudahmenjadi hal lumrah di sebagian masyarakat Indonesia. Orang berani mengambil utang dengan tujua berbeda-beda. Ada yang berutang untuk investasi, untuk biaya sekolah, biaya hidup sehari-hari, sampai untuk menutupi utang sebelumnya.

Ketika memutuskan mengambil utang, biasanya seseorang telah merencanakan untuk apa utang tersebut diambil dan bagaimana cara pengembaliannya.

Secara umum, terdapat 2 jenis utang yaitu bersifat produktif dan konsumtif. Utang produktif merupakan utang sehat karena tujuannya menambah aset dalam keluarga.

Kebalikannya, utang konsumtif adalah utang yang biasanya berlangsung demi memenuhi gaya hidup. Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui bagaimana cara melunasi utang agar tidak berkelanjutan.

Dalam blog pribadinya, perencana keuangan Prita Ghozie memaparkan beberapa ciri utang sehat yaitu sebagai berikut:

- Diperuntukkan menambah aset.

Aset yang dimaksud misalnya untuk membeli rumah tinggal, berutang dibolehkan mengingat harga hunian semakin tinggi

- Menambah modal usaha. Dengan utang ini, diharapkan penghasilan akan bertambah di masa mendatang.

- Aset konsumsi untuk penggunaan jangka panjang.

Misalnya ada alat elektronik di rumah yang rusak dan Anda perlu menggantinya. Jika alat tersebut digunakan untuk jangka waktu melebihi 5 tahun, maka berutang dibolehkan

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved