Breaking News:

Tribun Maros

Disbudpar Maros Latih 40 Pemandu Wisata Gua

Pemandu yang baik haruslah beretika, harus meningkatkan komunikasi yang baik, harus pandai menyambut pengunjung.

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Hasriyani Latif
Humas Pemkab Maros
Bupati Maros, Chaidir Syam membuka secara resmi Pelatihan Kepemanduan dan Sertifikasi Kepemanduan Wisata Gua, Kamis (2/9/2021). 

TRIBUNMAROS.COM, MAROS - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Maros menyelenggarakan Pelatihan Kepemanduan dan Sertifikasi Kepemanduan Wisata Gua, Kamis (02/09/21).

Pelatihan tersebut digelar di Hotel Grand Town Maros.

Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, pelatihan pemandu wisata alam (Caving/Susur Gua) dibuka langsung oleh Bupati Maros, Chaidir Syam.

Kegiatan ini berasal dari DAK non fisik pelayanan bidang pariwisata Kemenparekraf tahun 2021.

Dalam sambutannya, Chaidir Syam sangat mengapresiasi kinerja Disbudpar yang sangat aktif meningkatkan mutu disegala aspek bidang pariwisata. 

Terlebih dimasa pandemi covid-19, Chaidir mengungkap sektor yang paling diharap dapat bangkit kembali adalah sektor pariwisata.

"Disbudpar sangat mendukung kesiapan sektor wisata untuk bangkit kembali. Bisa dilihat dari beberapa kegiatan pelatihan sebelumnya, Disbudpar sudah melaksanakan pelatihan keamanan, pelatihan kuliner, sekarang pelatihan pemandu wisata," ungkapnya. 

Dari lomba desa wisata, Gua Salukang Kallang yang ada di Kabupaten Maros masuk dalam urutan ke 300 besar, ini akan lebih memperkenalkan Maros kepada wisatawan lokal maupun mancanegara agar dapat dikunjungi.

Menurut Chaidir, ini menjadi dorongan dalam meningkatkan desa wisata yang ada di Kabupaten Maros.

"Mari kita siapkan diri untuk menerima para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara. Terlebih bagi para pemandu, pemandu harus baik, cerdas, beretika, dan menjaga . Jangan sampai wisatawan hanya datang sekali dan tidak tertarik untuk datang kembali," lanjut Chaidir.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved