Breaking News:

Tribun Maros

VIDEO: Berusia 7.200 Tahun, Penemuan Fosil Besse Dianggap Spektakular Memiliki DNA Denisova

Usia dari kerangka tersebut diperkirakan sekitar 7.200 tahun dan berjenis kalamin perempuan.

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Saldy Irawan

TRIBUNMAROS.COM, MAROS - Fosil manusia purba berhasil ditemukan setelah penelitian yang diinisiasi oleh Universitas Hasanuddin dengan Universitas Sains Malaysia.

Fosil manusia purba spesies Homosapiens ini ditemukan di Leang Panninge, Desa Wanuawaru, Kecamatan Mallawa, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Usia dari kerangka tersebut diperkirakan sekitar 7.200 tahun dan berjenis kalamin perempuan.

Salah satu tim peneliti, Fardi Ali Syahdar, mengatakan rangka perempuan yang diperkirakan memiliki usia antara 17-18 ini ini sengaja diberi nama Besse.

"Besse merupakan gelar untuk putri atau perempuan Bugis- Makassar. Jadi penemuan itu untuk mendandakan kalau besse ditemukan di Sulsel atau lebih khusus dimisili Bugis-Makasaar," katanya ditemui di Situs Prasejarah Leang-leang, Selasa (30/08/21).

Ia pun menjelaskan timeline penemuan fosil Bessa, yang penelitiannya dimulai ditahun 2015.

"Jadi dimulai dari tahun 2015, waktu itu ada kegiatan penelitian yang diinisiasi oleh Prof Akin Duli (Dekan FIB Unhas). Melalui kerjasam Unhas dengan Universitas Sains Malaysia. Nah itu kemudian menjadi cikal bakal penemuan rangka yang disebut sebagai Besse," katanya saat 

Namun saat itu tak dilakukan pengangkatan.

Ditahun 2018, barulah ia bersama tim peneliti dari Griffith University Australia melakukan pendalaman dan perluasan kotak gali di Leang Panninge untuk melihat asosiasi temuan.

"Untuk melihat lapisan dari Besse di Leang Panninge saya bersama tim Griffith University Asutralia melakukan pendalaman perluasan kotak galian," jelasnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved