Breaking News:

Tribun Gowa

Pemkab Gowa Serahkan Ranperda APBD Perubahan Tahun Anggaran 2021 ke DPRD

H Abdul Rauf Malaganni didampingi Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina secara virtual di Peace Room A'Kio, Kantor Bupati Gowa.

Penulis: Sayyid Zulfadli Saleh Wahab | Editor: Saldy Irawan
tribun-timur
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menyerahkan Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran 2021 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa, Sabtu (28/8/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa menyerahkan Nota Keuangan dan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan Tahun Anggaran 2021 kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Gowa, Sabtu (28/8/2021).

Nota Keuangan dan Ranperda APBD Perubahan Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2021 ini diserahkan langsung oleh Wakil Bupati Gowa, H Abdul Rauf Malaganni.

H Abdul Rauf Malaganni didampingi Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Kamsina secara virtual di Peace Room A'Kio, Kantor Bupati Gowa.

Dalam sambutannya, Karaeng Kio sapaan akrabnya mengatakan bahwa Perubahan APBD TA. 2021 disusun dalam rangka penyempurnaan dan penyesuaian terhadap beberapa asumsi.

Yaitu, nilai pendapatan daerah, nilai belanja daerah baik belanja operasi, belanja modal, belanja tak terduga dan belanja transfer, pembiayaan daerah dan sisa lebih perhitungan anggaran tahun 2020.

"Dalam penyusunan perubahan APBD Tahun Anggaran 2021, didasarkan pada kebijakan daerah yang disesuaikan dengan kondisi dan situasi perkembangan daerah saat ini dengan tetap mengacu kepada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Gowa Tahun 2021," kata Karaeng Kio dalam keterangan tertulisnya.

Karaeng Kio menuturkan, pada Rancangan Perubahan APBD TA. 2021 ini di titik beratkan pada 3 (tiga) komponen utama penanganan atas keadaan dari dampak pandemi Covid-19. 

Pertama pelayanan kesehatan, kemudian jaring pengaman sosial (social savety net), dan pemulihan ekonomi.

"Rancangan Perubahan APBD ini telah didahului dengan pembahasan kebijakan umum perubahan anggaran (KUPA) dan prioritas plafon anggaran (PPA) perubahan tahun anggaran 2021 oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) bersama dengan badan anggaran DPRD Kabupaten Gowa dan telah ditandatangani nota kesepakatan KUPA DAN PPA perubahan TA. 2021 pada Rapat Paripurna hari ini," bebernya. 

Sementara dari segi perubahan, ia menyebutkan adanya perubahan pendapatan daerah Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2021 mengalami penambahan sebesar Rp.12.669.895.098,- atau naik 0,68% dari anggaran pokok sebesar Rp.1.841.411.192.535.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved