Breaking News:

Virus Corona

Agar Anda tidak Terpapar Virus Corona Lagi, Ikuti Cara Ini

Pakar penyakit menular, Frank Esper mengatakan, setelah terinfeksi atau mendapat vaksin Covid-19 tubuh akan membentuk antibodi.

Editor: Muh. Irham
Kolase Foto tribunStyle dan TribunnewsMaker
Ilustrasi virus corona 

TRIBUN-TIMUR.COM - Banyak yang berpikir bahwa setelah terinfeksi virus corona atau telah menjalani vaksinasi selama dua kali, mereka tidak akan terpapar virus corona lagi.

Asumsi ini menurut para ilmuwan, tidak benar. Peluang kembali terpapar virus corona masih terbuka jika orang tersebut tidak menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Pakar penyakit menular, Frank Esper mengatakan, setelah terinfeksi atau mendapat vaksin Covid-19 tubuh akan membentuk antibodi.

Namun, antibodi tersebut bisa memudar. Kekebalan tubuh dari infeksi awal berkurang seiring waktu, sehingga antibodi alami yang dibuat tubuh akan menghilang dan tidak akan mampu melindungi kita dari infeksi ulang dalam jangka panjang.

Meski kita tidak merasa sakit, bukan berarti kita bebas dari virus dan tidak bisa menularkannya ke orang lain. Meski masih ada antibodi terbentuk di tubuh Anda, masih ada kemungkinan Anda menularkan virus Corona ke orang lain.

Bagaimana cara melindungi diri agar tidak kembali terpapar Covid-19?

Meski sudah mendapat vaksin dan pernah terinfeksi Covid-19, Anda tetap harus menerapkan protokol kesehatan.

Meski infeksi ulang tidak akan memicu gejala berat, Anda masih berpotensi menularkan virus Corona ke orang lain.

“Cara utama untuk melindungi diri dan keluarga Anda dari virus ini adalah dengan divaksinasi, tetapi hal ini harus dibarengi dengan protokol kesehatan,” kata Esper.

Manfaat Vaksin

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved