Breaking News:

Desa Wisata

Bulukumba, Toraja Utara, dan Tana Toraja Lolos 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 

Tiga desa wisata (dewis) di Sulsel masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Penulis: Siti Aminah | Editor: Suryana Anas
DOK TRIBUN-TIMUR.COM
Keindahan objek wisata Apparalang Bulukumba (Sumber Dok Tribun-timur.com). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tiga desa wisata (dewis) di Sulsel masuk 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Ialah Desa Wisata Lembang Nonongan di Toraja Utara, Desa Wisata Kole Sawangan di Tana Toraja, dan Desa Wisata Ara di Bulukumba.

Ketiga Dewis ini masuk dalam 50 besar setelah bersaing dengan 1.841 dewis se-Nusantara yang ikut berkompetisi di ADWI 2021.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno telah mengumumkan desa wisata yang lolos 50 besar pada Senin (23/82021) malam.

Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Disbudpar Sulsel Bruno S. Rantetana menjelaskan, ketiga dewis dari Sulsel sudah siap untuk dikunjungi langsung oleh tim.

Penilaian 50 besar ke babak final tidak lagi berdasarkan penilaian dokumen, foto, dan video dari laman jadesta.com (media pengiriman bagi pengelola desa wisata). 

Tetapi, dilakukan secara langsung oleh tim juri independen yang dibentuk oleh Kemenparekraf RI.

"Pada dasarnya semua dewis yang mendaftar di ADWI 2021 ini siap dinilai secara langsung. Meski demikian, kita berharap semua tetap bersemangat meski tidak lolos ke 50 besar," kata Bruno lewat rilis yang diterima tribun-timur.com, Selasa (24/8/2021) pagi. 

Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan terima kasih kepada para pengelola yang telah mengharumkan nama Sulsel di tingkat nasional.

"Saya ucapkan selamat untuk ketiganya. Jangan lupa, persiapkan diri dengan baik untuk penilaian secara langsung di lokasi. Saya yakin ketiganya ini memang betul-betul sudah siap," kata Sudirman.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved