Breaking News:

Tribun Otomotif

Apa Itu Air Radiator dan Bagaimana Cara Merawatnya?

Air radiator merupakan cairan yang digunakan untuk mengalirkan atau menghantarkan panas dari mesin kendaraan ke sirip radiator.

Penulis: Rudi Salam | Editor: Hasriyani Latif
PT SJAM
Ilustrasi-Mengenal air radiator dan cara merawatnya. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Tribuners, sebagian dari kita pernah mendengar air radiator.

Khususnya, sebagian besar pria pasti tidak asing lagi dengan kata ini.

Nah, jika belum tahu, Manager Service PT Suracojaya Abadimotor (PT SJAM), Ketut Swastika akan menjelakan secara rinci apa itu air radiator.

Air radiator merupakan cairan yang digunakan untuk mengalirkan atau menghantarkan panas dari mesin kendaraan ke sirip radiator.

Nantinya didinginkan oleh udara sekitar atau kipas dan kemudian di alirkan kembali ke mesin.

“Agar suhu mesin tetap terjaga, atau istilahnya tidak overheat,” kata Ketut via keterangan tertulis ke tribun-timur.com, Selasa (24/8/2021).

Radiator menggunakan fluida cair sebagai media pendingin, di mana cairan ini akan menyerap panas dari blok mesin hingga ke silinder mesin.

Cairan ini akan didinginkan menggunakan udara luar dan ketika temperature cairan sudah dingin maka pompa akan kembali memompa cairan pendingin ke dalam mesin.

Biasanya, kata Ketut, mesin motor yang sudah menggunakan teknologi radiator dengan pendingin cairan (Liquid Cooled) memiliki mesin dengan kapasitas 150 cc atau lebih.

“Dikarenakan jika kapasitas mesin semakin besar panas yang dihasilkan juga meningkat, jika tidak di imbangi dengan sistem pendinginan yang baik maka mesin tidak akan bekerja secara maksimal,” jelasnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved