Breaking News:

Kesehatan

5 Penyakit Berbahaya yang Awalnya Dikira Masuk Angin

Ternyata, tak ada istilah masuk angin dalam dunia kedokteran. Orang yang mengalami nyeri otot dan pegal merupakan gejala myalgia.

Editor: Muh. Irham
Kompas.com
Ilustrasi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Masuk angin biasanya identik dengan kondisi badan tidak fit. Kondisi tubuh meriang, perut kembung, pegal, nyeri otot, sakit kepala, dan kadang disertai dengan batuk serta pilek.

Lalu adakah istilah masuk angin di dalam ilmu kedokteran?

Ternyata, tak ada istilah masuk angin dalam dunia kedokteran. Orang yang mengalami nyeri otot dan pegal merupakan gejala myalgia.

Akan tetapi, tak sedikit orang yang menganggap sejumlah gangguan kesehatan serius sebagai masuk angin, sehingga penyakit yang sebenarnya berbahaya tidak ditangani dengan tepat dan berisiko menimbulkan komplikasi yang lebih berat.

Dilansir dari Kompas.com, Ini 5 penyakit berbahaya yang sering dianggap masuk angin:

1. Serangan jantung

Dilansir dari buku Menaklukkan Pembunuh No. 1 (2010) karya Dr. A. Fauzi Yahya, Sp.J.P. (K), FIHA, masih banyak orang yang menduga gejala serangan jantung sebagai masuk angin atau angin duduk.

Sakit yang dialami akibat serangan jantung biasanya terletak di bagian dada sebelah kiri. Selain itu, sakit juga bisa menjalar ke lengan dan punggung.

Akan tetapi, ada juga yang merasakan sakit atau tidak nyaman di ulu hati serta keringat dingin atau rasa tercekik di leher.

Serangan jantung terjadi akibat adanya peradangan secara sistemik yang dibuktikan dengan tanda peradangan di pembuluh darah, seperti peningkatan jumlah leukosit dan kehadiran C-reactive protein (CPR).

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved