Breaking News:

Tribun Wajo

Peringatan Hari Pramuka di Wajo, di Mulai Malam Renungan Hingga Donor Darah

Peringatan ini berlangsung secara singkat dan khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan | Editor: Saldy Irawan
tribun-timur
Peringatan Hari Pramuka yang ke 60 digelar secara bertahap di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Peringatan Hari Pramuka yang ke 60 digelar secara bertahap di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Sabtu (14/8/2021).

Rangkaian peringatan Hari Pramuka itu dimulai dengan malam renungan di halaman Kantor Bupati Wajo, yang dipimpin langsung Bupati Wajo, Amran Mahmud.

Amran Mahmud yang merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (MABICAB) Gerakan Pramuka Wajo dan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Wajo, membacakan langsung Tri Satya atau Janji Pramuka.

Sekaligus bertindak selaku pembina upacara. Peringatan ini berlangsung secara singkat dan khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Selamat Hari Pramuka, semoga di usia ke-60 tahun ini Pramuka bisa mengambil peran dalam penanggulangan bencana Covid-19 dan juga terus menjadi garda terdepan menjaga keutuhan NKRI," katanya.

Bupati Wajo yang dikenal aktif diberbagai organisasi kemasyarakatan dan keagamaan ini, juga menitip pesan untuk selalu memegang erat janji Pramuka yang telah diucapkan, agar tujuan mulia tersebut dapat terwujud.

"Manakala janji tersebut dapat selalu dipegang erat dan mampu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka kita akan dapat mengisi kemerdekaan dengan berbagai hal positif untuk memajukan NKRI," tegasnya.

Selain itu, Amran berharap agar Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Wajo bisa berperan aktif dan mendukung program pemerintah yang bermuara pada kemajuan dan kesejahteraan rakyat.

Lalu, kegiatan dilanjutkan dengan donor darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Wajo.

Terlebih lagi, stok darah di Kabupaten Wajo menipis sehingga dengan adanya donor darah ini diharapkan mampu menambah stok di PMI Wajo.

"Aksi ini merupakan salah satu cara kami Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo untuk memperingati Hari Pramuka ke-60 untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini. Apalagi stok darah di PMI kadang habis sementara permintaan kebutuhan akan darah juga tidak pernah menurun,” kata Amran, yang juga merupakan Ketua PMI Wajo.

Usai donor darah, kemudian dilakukan ziarah kubur dan puncaknya akan dilakukan apel besar pada 19 Agustus 2021 mendatang.

Upacara Peringatan Ulang Janji Hari Pramuka ke 60 tahun ini, terasa berbeda dibanding sebelum pandemi covid-19.

Pada sebelumnya ada rangkaian perkemahan yang diikuti berbagai tingkatan, maka kali ini digelar secara terbatas dan sederhana.

Diketahui, setiap tanggal 14 Agustus, selalu diperingati sebagai Hari Pramuka.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved