Breaking News:

Tribun Wajo

Amran Mahmud Dampingi Ketua Bawaslu RI Buka SKPP di Kabupaten Wajo

Rencananya, SKPP itu akan berlangsung selama 3 hari, sampai dengan Jumat, (13/8/2021) mendatang.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan | Editor: Saldy Irawan
Humas Pemkab Wajo
Bupati Wajo, Amran Mahmud 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) tingkat dasar 2021 yang digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI resmi dibuka di Kabupaten Wajo, Rabu (11/8/2021).

Kegiatan yang dipusatkan di Sallo Hotel Sengkang itu, diikuti 100 peserta, yang terdiri dari Kabupaten Wajo 55 orang dan Kabupaten Bone 45 orang.

Rencananya, SKPP itu akan berlangsung selama 3 hari, sampai dengan Jumat, (13/8/2021) mendatang.

Ketua Bawaslu RI, Abhan, yang membuka kegiatan itu mengatakan pelaksanaan SKKP ini bertujuan untuk mencetak kader pengawas partisipatif yang punya integritas baik.

"Saya berharap alumni SKKP nantinya menjadi pionir di daerahnya masing-masing, memberi edukasi sehingga dapat mendorong partisipatif masyarakat," katanya.

Meski Pemilu 2024 masih terbilang jauh, Abhan menjelaskan bahwa partisipasi masyarakat dalam hal ini tidak hanya hadir di TPS, tapi juga partisipasi masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan setiap tahapan.

"Pengawasan dilakukan setiap tahapan, sehingga tercipta Pemilu yang luber (langsung, umum, bebas, dan rahasia) dan jurdil (jujur, adil)," katanya.

Pada kesempatan itu, Abhan juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Wajo yang telah memberi dukungan ke Bawaslu atas sinergitas yang terjalin dengan baik.

"Tentu support dari Pemkab Wajo ini menjadi spirit bagi Bawaslu menatap Pemilu 2024 sehingga pelaksanaan pesta demokrasi mendatang dapat berjalan baik," katanya.

Sementara itu, Bupati Wajo, Amran Mahmud berharap SKPP ini dapat melahirkan kader-kader pengawas yang berkompetensi dan memiliki idealisme, mengedukasi serta memberikan pendidikan politik kepada masyarakat terutama dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang.

"Saya melihat, peserta SKKP ini dari generasi-generasi milenial yang tentunya belum terkontaminasi dan steril dari politik. 
Saya berharap nantinya menjadi pionir agar demokrasi semakin maju bermartabat," katanya.

Lebih lanjut, di hadapan Ketua Ketua Bawaslu RI, Amran Mahmud juga menyampaikan bahwa sinergitas Pemkab Wajo dan Bawaslu Wajo selama ini terjalin dengan sangat baik untuk memajukan dan membangun demokrasi di Wajo.

"Alhamdulillah Bawaslu terdepan untuk ini sehingga patut diapresiasi. Apalagi sudah ada empat desa yang jadi percontohan pengawasan dan kita berharap ini berkembang ke 140 desa 22 kelurahan agar demokrasi semakin berkualitas. Kami siap mensupport," kata Ketua DPD PAN Wajo itu.

Selain Ketua Bawaslu RI, Abhan, pada kesempatan itu turut pula hadir Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi, Ketua Bawaslu Wajo, Abdul Malik, serta jajaran Komisioner Bawaslu Wajo.

SKPP yang dimotori oleh Bawaslu RI sendiri telah dilakukan di beberapa daerah di Indonesia jelang Pemilu 2024 mendatang.

Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved