Breaking News:

Investasi

23 Istilah Saham Harus Investor Pemula Pahami Sebelum Investasi di Pasar Modal

Seorang investor pemula harus memahami beberapa istilah dalam bursa saham sebelum benar-benar terjun untuk Investasi di Pasar Modal.

Editor: Muh Hasim Arfah
KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG
Suasana Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/7/2018). 

TRIBUN-TIMUR.COM- Ketika Anda berbisnis atau Investasi saham maka wajib paham istilah dalam bisnis ini.

Nah, kali ini Tribun akan menyajikan beberapa istilah yang wajib Anda pahami.

Istilah-istilah dalam saham ini ada bukan hanya sekedar sebagai hal yang menimbulkan kesan keren belaka.

Apalagi karena banyaknya istilah yang lebih dikenal dalam bahasa Inggris.

Akan tetapi, istilah-istilah dalam saham ini merupakan istilah universal yang dipakai di sebagian besar pasar modal di berbagai negara.

Dengan begitu, penyebutan yang sama ini akan memudahkan proses komunikasi antara pihak-pihak yang terlibat di dalam Pasar Modal, serta memudahkan proses transaksi (jual-beli) saham.

Baca juga: Rekam Jejak CEO Sinovac Weidong Yin Dari Dokter Pernah Digugat Pemegang Saham dan Suap BPOM China

Berikut ini daftar istilah-istilah dalam saham yang wajib kamu ketahui, terlebih lagi untuk para investor pemula yang menyasar bursa saham.

1. Perusahaan Sekuritas (Broker)
Perusahaan sekuritas adalah pihak perantara antara investor dan pasar modal dalam transaksi jual-beli saham. Untuk membeli ataupun menjual saha, kamu membutuhkan bantuan perusahaan sekuritas yang memang memiliki wewenang untuk menjalankan transaksi tersebut. Selain itu, pihak perusahaan sekuritas juga akan memberikan rekomendasi saham potensial pada investor.

2. Efek
Efek adalah surat berharga yang diperjual-belikan dalam pasar modal, yakni seperti surat pengakuan utang, surat berharga komersial, saham, obligasi, tanda bukti utang, unit penyertaan kontrak investasi kolektif, kontrak berjangka atas efek, dan setiap derivatif dari efek lainnya.

3. Bursa Efek
Pihak yang menyelenggarakan dan menyediakan sistem dan atau sarana untuk mempertemukan penawaran jual dan beli efek pihak-pihak lain dengan tujuan memperdagangkan efek di antara mereka.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved