Breaking News:

Penanganan Covid

PPKM Level 4, Gubernur dan Bupati/Wali Kota Harus Siapkan Bansos untuk Masyarakat

Penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV dimulai hari ini, Senin (25/7/2021) di Makassar dan Toraja.

Penulis: Siti Aminah | Editor: Suryana Anas
TRIBUN-TIMUR.COM/MUH ASIZ ALBAR
Ilustrasi pembagian paket sembako 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Penerapan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level IV dimulai hari ini, Senin (25/7/2021) di Makassar dan Toraja.

Hal tersebut sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 25 Tahun 2021 tentang PPKM level 4 Corona Virus Disease 2019 Wilayah Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Ada sebelas poin yang ditujukan kepada gubernur dan bupati/wali kota dalam instruksi tersebut.

Salah satunya dengan bantuan sosial untuk masyarakat yang berada di zona penerapan PPKM Level 4.

Gubernur, bupati/wali kota diminta untuk mempercepat proses penyaluran bantuan sosial serta jaring pengaman sosial yang bersumber dari APBD.

Jika ada kebutuhan tambahan terkait pendanaan tersebut maka perlu dilakukan rasionalisasi atau realokasi anggaran.

"Dilakukan rasionalisasi atau realokasi anggaran dari program yang kurang prioritas pada anggaran bantuan sosial serta jaring pengaman sosial," bunyi poin kedelapan yang tertulis dalam instruksi Mendagri.

Dalam Inmedagri tersebut dijelaskan bahwa tata cara rasionalisasi atau realokasi kebutuhan tambahan berpedoman pada pasal 4 dan 5 permendagri 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Lingkungan Pemerintah Daerah.

Serta pasal 3 sampai 6 Permendagri nomor 39 Tahun 2020 tentang Pengutamaan Penggunaan Alokasi Anggaran untuk Kegiatan Tertentu, Perubahan Alokasi dan Penggunaan Anggaran Pendapatan
dan Belanja Daerah.

Pendanaan untuk Pelaksanaan PPKM Level 4 (empat) akibat pandemi covid-19 yang bersumber dari APBD, pemerintah daerah dapat melakukan pengeluaran yang belum tersedia anggarannya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved