Breaking News:

Gempa Bumi

Berpotensi Tsunami, Warga Ampana Dievakuasi ke Kantor Bupati Tojo Una Una

Oleh karena itu, warga yang berdekatan dengan pantai, khususnya di Kecamatan Ampana, langsung dievakuasi ke kawasan yang lebih tinggi.

Editor: Muh. Irham
BMKG
Informasi gempa bumi 6,5 SR yang mengguncang wilayah Semenanjung Minahasa, Kabupaten Tojo Una Una, Sulawesi Tengah, Senin (26/7/2021), sekitar pukul 20.09 Wita atau 19.09 WIB. 

TRIBUN-TIMUR.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan, gempa bumi bermagnitudo 6,3 SR di Kabupaten Tojo Una Una, Provinsi Sulawesi Tengah, Senin (26/7/2021), berpotensi tsunami.

Oleh karena itu, warga yang berdekatan dengan pantai, khususnya di Kecamatan Ampana, langsung dievakuasi ke kawasan yang lebih tinggi.

Beberapa saat setelah terjadinya gempa, BMKG segera meminta warga di Ampana agar menjauh dari pantai.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah Andy Sembiring mengatakan, untuk sementara warga Ampana diminta menempati Kantor Bupati Tojo Una-una.

"Kompleks perkantoran bupati itu kawasannya lebih tinggi, sehingga warga dievakuasi ke sana," kata Andy kepada Kompas.com, Senin (26/7/2021) malam.

Selain warga Ampana, BPBD Sulawesi Tengah juga membantu evakuasi warga Nuhon, Kabupaten Banggai ke desa yang datarannya lebih tinggi.

Hingga kini, BPBD Sulawesi Tengah belum menerima laporan kerusakan dan korban akibat gempa.

"Kami masih fokus membantu warga ke tempat yang lebih tinggi, agar warga tidak panik. Karena di sini listrik padam, sehingga warga panik," sebut Andy.

Sebagai informasi, gempa magnitudo 6,3 (sebelumnya disebut 6,5) mengguncang Tojo Una-una dan sekitarnya pada Senin sekitar 20.09 Wita.

BMKG menyatakan pusat gempa berada di 59 kilometer timur laut Tojo Una-una dengan kedalaman 10 kilometer.

Menurut BMKG, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved