Breaking News:

Kesehatan

Kenapa Seorang Wanita Sering Telat Haid? Ini 8 Kemungkinannya

Namun secara umum, wanita yang belum memasuki masa manopause akan mengalami siklus haid setiap 28 hari.

Editor: Muh. Irham
internet
Ilustrasi Menstruasi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Setiap wanita memiliki siklus haid atau menstruasi yang berbeda-beda. Namun secara umum, wanita yang belum memasuki masa manopause akan mengalami siklus haid setiap 28 hari.

Namun siklusnya ini bervariasi, ada beberapa wanita yang mengalami siklus setiap 21 sampai 35 hari. Perbedaan ini membuat batas telat haid atau menstruasi setiap wanita berbeda-beda.

Selama rentang waktunya berada di antara 21-35 hari, maka masih dianggap normal. Beberapa wanita mungkin pernah mengalami terlambat menstruasi yang tidak biasa, bisa telat menstruasi 1 minggu, bahkan hingga sebulan.

Ada sejumlah penyebab telat haid terjadi dalam waktu yang tidak wajar, misalnya lebih dari 90 hari.

Terlambat menstruasi biasanya jadi tanda awal kehamilan. Selain karena peluang kehamilan, perbedaan batas telat haid disebabkan banyak faktor seperti konsumsi obat-obatan hingga mengidap penyakit tertentu.

Nah berikut ini 8 kemungkinan seorang wanita belum juga datang bulan sesuai siklusnya atau telah melewati batas telat haid seperti dilansir dari Healthline:

1. Stres

Stres dapat membuat perubahan pada sistem reproduksi. Stres bisa mempengaruhi bagian otak Anda yang bertanggung jawab untuk mengatur periode datang bulan yakni hipotalamus.

Seiring waktu, stres dapat menyebabkan penyakit atau kenaikan atau penurunan berat badan secara tiba-tiba, yang semuanya dapat memengaruhi siklus menstruasi Anda.

2. Berat badan rendah

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved