Breaking News:

Kolesterol

4 Gaya Hidup untuk Menjaga Kolesterol dalam Darah

Anda yang sudah memiliki riwayat kolesterol tinggi, akan dirundung bahaya jika tak bisa mengontrol asupan yang dikonsumsi.

Editor: Muh. Irham
int
Ilustrasi kolesterol 

TRIBUN-TIMUR.COM - Hari raya Idul Adha dirayakan oleh umat Islam di seluruh dunia, Selasa (20/7/2021) lalu.  Idul Adha identik dengan hewan kurban dan aneka hidangan berbahan dasar daging

Tetapi perlu diingat bahwa daging juga mengandung lemak yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Anda yang sudah memiliki riwayat kolesterol tinggi, akan dirundung bahaya jika tak bisa mengontrol asupan yang dikonsumsi.

Lantas, bagaimana cara menjaga kolesterol tetap normal?

Konsumsi buah dan sayur

Pada saat mengonsumsi daging sapi atau kambing, sebaiknya diimbangi dengan mengonsumsi buah dan sayur. Alasannya, buah dan sayur memiliki serat yang tinggi, sehingga dapat berperan dalam menyerap lemak dari daging yang sebelumnya dikonsumsi.

Hal tersebut diungkapkan oleh ahli gizi, dr Samuel Oetoro, sebagaimana dikutip dari Kompas.com (25/7/2020). Begitu pula yang disampaikan dokter spesialis gizi klinik dari RS Hermina Ciputat, Tangerang Selatan, dr Dian Permatasari.

Memperbanyak konsumsi buah, sayur, dan makanan bergizi lainnya, adalah salah satu jawaban untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh. Mengapa bisa begitu? Karena menurutnya, tidak ada makanan yang secara spesifik dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Perubahan gaya hidup

Selain mengonsumsi buah, sayur, serta makanan bergizi lainnya, dianjurkan untuk mengubah gaya hidup demi menurunkan kolesterol tinggi dan menjaga kadar kolesterol normal.

Berikut di antaranya seperti dilansir dari laman labkes.kalselprov.go.id:

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved