Breaking News:

Tribun Makassar

Komunitas Oljen CC Siap Promosikan Pariwisata Sulsel

Oljen CC berharap ke depan akan bermunculan atlet sepeda road bike asal Sulawesi Selatan yang bisa berprestasi mengharumkan nama Indonesia

Penulis: Muh. Abdiwan | Editor: Imam Wahyudi
TRIBUN TIMUR/ABDIWAN
Komunitas Sepeda Oljen Cycling Community berfoto bersama disela-sela touring beberapa hari lalu. Komunitas sepeda road bike ini rutin menggelar touring ke berbagai daerah untuk mempromosikan wisata disepanjang jalur yang dilalui.  

TRIBUN-TIMUR.COM MAKASSAR - Pandemi tidak menyurutkan keinginan masyarakat untuk tetap produktif melakukan kegiatan yang positif, salah satunya dengan cara berolahraga. Bersepeda atau gowes menjadi olahraga yang banyak diminati masyarakat di masa pandemi.

Mulai dari anak-anak, kalangan dewasa, orang tua bahkan bagi kalangan lansia. Olahraga gowes ini tidak hanya didominasi para lelaki bahkan kalangan perempuan yang terdiri dari emak-emak juga turut meramaikan lintasan dan juga jalanan.

Pesepeda yang hadir pun kini dari berbagai strata sosial yang ada di masyarakat, dimulai dari masyarakat biasa, para pejabat publik bahkan juga kalangan artis.

Komunitas sepeda dianggap sebagai wadah yang tepat bagi kaum urban, terlebih pada masa pandemi. Aturan pemerintah yang membatasi ruang gerak masyarakat kini tentu saja menimbulkan rasa bosan bagi banyak orang.

Merespons besarnya minat masyarakat terhadap hobi bersepeda, komunitas Oljen CC hadir di Kota Makassar, Komunitas sepeda road bike ini mengusung konsep unik yang menjadi ciri khas mereka, yakni bersepeda dengan menempuh perjalanan hanya dalam satu hari atau yang dinamakan konsep "One Day Cycling".

Halim Suidra salah satu penggerak sekaligus Ketua Oljen CC, menceritakan terbentuknya club ini berawal dari event touring One Day Toraja pada 4 April 2021, yang menempuh jarak tempuh dari Kota Makassar kurang lebih sejauh 270 kilometer (km). Kesamaan hobi dan visi dengan teman-teman saat membuat event tersebut yang menjadi cikal bakal terbentuknya komunitas sepeda Oljen Cycling Community.

"Oljen CC adalah komunitas pecinta road bike di kota Makassar. Slogan kita adalah bersatu dalam semangat keberagaman. Dimulai dari kesamaan hobby bersepeda dan selepas touring perdana lalu, kita pun sepakat membentuk komunitas ini pada tanggal 4 Juli 2021 dimana sampai saat ini anggotanya berjumlah 50 orang," jelas Halim.

"Nama Oljen sendiri singkatan dari Olo Olo Je’ne yang diambil dari bahasa Bugis yaitu hewan yang sangat kecil dan mirip cacing di air. Mereka bergerak bebas dinamis dan aktif tanpa menimbulkan riak air. Karena konsep kami bersepada seberapa pun jauhnya hanya satu hari yang umumnya saat ini mengelilingi kota-kota di Sulawesi Selatan, jadi kami sematkan juga tulisan One Day di baju kita yang menjadi indentitas komunitas ini," sambungnya.

Halim Suidra menambahkan Oljen CC tak hanya rutin menggelar latihan dengan bersepeda dengan jarak sejauh 35-40km dan 60-100km saja. Komunitas sepeda di Kota Makassar ini juga ingin menyosialisasikan Oljen CC dan memasyarakatkan cinta sepeda road bike.

"Kami juga siap menemani dan mengajarkan teman-teman yang baru saja memulai bersepeda jenis road bike," imbuh Halim

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved