Breaking News:

Summarecon Mutiara Makassar

Milenial, Jangan Ragu Beli Rumah Berkualitas, Ini Tipsnya

The Topaz Residence, rumah mewah bergaya Eropa harga mulai Rp 700 jutaan.

Penulis: Alifia Nuralita Rezqiana | Editor: Mikhael Gewati
DOK. Humas Summarecon Mutiara Makassar
Salah satu unit rumah tiga lantai di The Topaz Residence. 

TRIBUN-TIMUR.com – Membeli sebuah rumah, apalagi mewah dan berkualitas merupakan tantangan tersendiri bagi para milenial yang umumnya tengah meniti karier.

Pasalnya, generasi kelahiran tahun 1980-an sampai 1990-an tersebut terkenal konsumtif. Hal ini, salah satunya dapat dilihat dari besarnya nilai transaksi e-commerce yang dilakukan milenial.

Direktur Riset Katadata Insight Center Mulya Amri seperti dikutip dari Kompas.com pada Selasa (4/8/2021) memaparkan, penyumbang transaksi e-commerce terbesar adalah konsumen dengan rentang usia 26 sampai 35 tahun yang tak lain merupakan generasi milenial.

Adapun Bank Indonesia (BI) mencatat, nilai transaksi e-commerce di Indonesia pada 2020 mencapai Rp 266,3 triliun. Jumlah ini meningkat 29,6 persen dibandingkan 2019 yang sebesar Rp 205,5 triliun.

Itu baru transaksi melalui e-commerce, biasanya masih banyak pengeluaran berlebihan lain yang generasi milenial habiskan untuk mendukung gaya hidupnya.

Sebagai contoh, keinginan para milenial untuk selalu update gadget dan fesyen, hobi nongkrong di kafe dan restoran kekinian, hingga keperluan hiburan seperti menonton film atau karaoke.

Nah, gaya hidup konsumtif tersebut membuat para milenial cenderung sulit menyisihkan uang tabungan untuk membeli rumah.

Kondisi itu pun diperparah lantaran harga rumah yang kerap tak sebanding dengan gaji rata-rata penduduk Indonesia.

Hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) dari Februari 2016 hingga Februari 2021 menyatakan bahwa rata-rata penghasilan penduduk Indonesia hanya meningkat Rp 136.011.

Pada periode Februari 2021, rata-rata penghasilan penduduk Indonesia tercatat sebesar Rp 2.860.630. Jumlah ini bahkan mengalami penurunan Rp 56.867 dibandingkan periode Februari 2020.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved