Breaking News:

Porang Sulsel

Ini Alasan Petani Porang Sulsel Optimis Komoditi Ini Sangat Menjanjikan Kesejahteraan di Masa Depan

Pendiri Sekolah Porang Sidrap, Syaharuddin Alrif, berbagi tips, Ini Alasan Petani Porang Sulsel Optimis Komoditi Ini Sangat Menjanjikan

Editor: Mansur AM
Dokumentasi Syaharuddin Alrif
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo dan Syaharuddin Alrif di kebun Porang Sidrap beberapa waktu lalu 

TRIBUN-TIMUR.COM, PANGKEP - Pegiat Porang Sulsel Syaharuddin Alrif kian optimistis komoditi ini bisa menjadi alternatif menambah kesejahteraan petani di Sulsel di masa-masa mendatang.

Apalagi porang masuk komoditas prioritas di Indonesia saat ini. Dan ke depannya, pasar ekspornya terbuka lebar.

Baru-baru ini, Syaharuddin Alrif juga terpilih sebagai Ketua Asosiasi Pengusaha Ekspor Porang Indonesia.

Hal ini disampaikan Syaharuddin Alrif saat sosialisasi dan berbagi tips menanam porang agar produktif bersama Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau di hadapan kelompok tani di Kelurahan Balleangin Kecamatan Balloci, Sabtu (18/7/21).

Syaharuddin Alrif yang juga Wakil Ketua DPRD Sulsel mengatakan jika ditekuni tekun dan diolah modern, porang bisa diandalkan sebagai mata pencaharian.

Sementara Bupati Pangkep Muh Yusran Lalogau, menyampaikan kepada kelompok tani yang hadir mengikuti sosialisasi budidaya tanaman porang dan mengingatkan kepada para petani tentang visi misi kabupaten pangkep Hebat dari segi pertanian.

"Petani yang ada di pangkep saat ini, harus serius dalam mengikuti materi terkait porang yang di sampaikan bapak porang Indonesia,dia melihat apa yang di lakukan beliau di sidrap harus kita lakukan juga di pangkep,” kata Bupati Pangkep.

Nilai Ekspor Porang Masuk Eropa

Perkembangan lain, Kementerian Perdagangan terus mendorong komoditas porang Indonesia menjadi pemain utama di pasar internasional.

Wamendag Jerry Sambuaga mengatakan ekspor porang RI sangat besar tetapi Indonesia belum masuk eksportir lima besar dunia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved