Breaking News:

Tribun Bantaeng

Ada Perda, Pemkab Bantaeng Larang Penggunaan Kantong Plastik Saat Bagikan Daging Kurban

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng, melarang warganya menggunakan kantong plastik saat membagikan daging hewan kurban.

Penulis: Achmad Nasution | Editor: Sudirman
ist
Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Kabupaten Bantaeng, Nasir Awing 

TRIBUNBANTAENG.COM, BANTAENG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantaeng, melarang warganya menggunakan kantong plastik saat membagikan daging hewan kurban.

Hal itu sebagai tindak lanjut dari Surat Edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SE.2 PLSB3/PS/PLB.0/7/2021 tentang pelaksanaan hari raya Iduladha tanpa sampah plastik.

Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bantaeng, Nasir Awing mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan kepada panitia kurban.

"Khusus penggunaan plastik dalam rangka idul kurban sudah dikomunikasi kepada pihak terkait, terutama panitia kabupaten," ujarnya.

Larangan itu tak hanya tertuang dalam surat edaran, namun akan tertuang dalam Peraturan Bupati (Perda) Bantaeng 

Perda tentang pengurangan penggunaan plastik satu kali pakai itu sudah dibuat jauh hari sebelum adanya surat edaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tersebut.

Naskah Perda sudah rampung, hanya saja tinggal menunggu tandatangan dari Bupati Bantaeng, Ilham Azikin.

Sebelum shalat Iduladha digelar Perda tersebut sudah berlaku.

Sehingga secara otomatis mengatur terkait larangan penggunaan plastik sesuai surat edaran Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Sudah ada peraturan bupatinya tinggal tunggu tandatangani sama pak bupati. Jadi dalam waktu 1 hari kami akan upayakan sudah ditandatangani sama pak Bupati," tuturnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved