Breaking News:

Covid 19

Ada Harapan, Kapolri Optimis Herd Immunity Segera Bisa Terwujud di Bulan Agustus

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan dirinya optimistis herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus Corona

Editor: Ilham Arsyam
Youtube Kompas TV
Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat dilantik Jadi Kapolri. Listyo optimistis herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus Corona akan segera terwujud 

TRIBUN-TIMUR.COM - Di tengah melonjakknya kasus Virus Corona (Covid-19) di Indonesia belakangan ini, ada secercah harapan yang dilontarkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Listyo mengatakan dirinya optimistis herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus Corona dapat terbentuk pada akhir Agustus hingga September 2021. 

"Target kita akhir tahun paling tidak, atau menjelang bulan Agustus, September, herd immunity segera bisa terwujud," kata Listyo Sigit, Kamis (15/7/2021), saat melakukan peninjauan vaksinasi massal di SMAN 38 Jakarta. 

Baca juga: Luhut Akui Kasus Covid-19 Harian Sudah Masuk Skenario Terburuk: Kita Tak Berharap sampai ke 100 Ribu

Kapolri menyampaikan, jika kekebalan kelompok sudah terwujud, roda perekonomian masyarakat akan bisa segera bangkit dan pulih. 

"Masyarakat diharapkan bisa kembali laksanakan aktivitasnya sehingga pemulihan ekonomi bisa berjalan dengan baik," ujar mantan Kabareskrim itu. 

Salah satu hal yang mendorong terbentuknya kekebalan kelompok atau herd immunity ini ialah antusiasme tinggi peserta vaksinasi anak usia 12 tahun ke atas seperti yang dilaksanakan di SMAN 38 Jakarta hari ini. 

Vaksinasi di SMAN 38 merupakan kerjasama antara Polri dengan PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). 

Target dari vaksinasi massal di SMAN 38 yaitu 1.000 orang per hari dan akan diselenggarakan dua hari yakni pada 15-16 Juli 2021. 

Sigit berharap, kolaborasi vaksinasi massal ini bisa berlanjut ke seluruh wilayah di Indonesia. 

"Saya harap kegiatan ini bisa terus berlanjut di beberapa wilayah sehingga upaya akselerasi vaksin dalam rangka membentuk herd immunity yang tentunya kami tunggu-tunggu, sehingga kemudian kehidupan masyarakat bisa kembali pelan-pelan pulih normal. Tentunya kita harapkan ini semua bisa segera tercapai," ujar Sigit. 

Selain itu, vaksinasi massal juga diadakan di Universitas Indraprasta Jakarta hasil kerjasama Polri dengan PB SEMMI (Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia) dengan target 1.000 orang per hari. (*)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved