Breaking News:

Kesehatan

5 Cara Mengatasi Bayi yang Sedang Demam

Mengutip dari Klayschools.com, suhu tubuh di bawah 38,8 derajat Celcius menandakan tubuh bayi sedang berusaha melawan infeksi.

Editor: Muh. Irham
int
Ilustrasi demam pada bayi 

TRIBUN-TIMUR.COM - Ketika seorang bayi mengalami demam, orangtua tentu akan merasa khawatir.

Nah, agar orangtua tidak resah, ada banyak cara untuk menurunkan demam pada bayi.

Mengutip dari Klayschools.com, suhu tubuh di bawah 38,8 derajat Celcius menandakan tubuh bayi sedang berusaha melawan infeksi.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di rumah biar suhu tubuh bayi Anda turun.

Namun, perlu diingat, cara-cara ini bukan menggantikan obat atau perawatan dokter, ya.

Jika demam bayi tak kunjung turun atau muncul gejala lain yang membuat Anda khawatir, tak ada salahnya untuk segera memeriksakan bayi ke dokter.

1. Kompres dingin
Kompres dingin adalah salah satu cara menurunkan panas pada bayi yang cukup efektif. Biar kompres dingin bekerja efektif, cobalah untuk mencampur 2 sdm cuka apel dengan 4 sdm air dingin.

Setelah teraduk rata, celupkan handuk bersih dalam campuran itu. Kemudian, letakkan handuk di atas kening bayi. Ulangi cara tersebut sampai suhu tubuh bayi berkurang.

Selain digunakan sebagai campuran kompres dingin, cuka apel juga bisa digunakan saat mandi, lo. Campurkan segelas cuka apel dalam air yang digunakan untuk memandikan bayi.

2. Sup
Klayschools.com menyebutkan, demam bisa membuat tubuh bayi dehidrasi karena bayi mengeluarkan banyak keringat. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuhnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved