Breaking News:

Tribun Wajo

Gairahkan Sektor UMKM, Bupati Wajo Serahkan Bansos untuk 81 Pelaku UMKM

Bansos yang diserahkan secara nontunai itu diterima pelaku UMKM yang mengusulkan proposal bantuan sosial 2019.

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/HARDIANSYAH ABDI
Bupati Wajo, Amran Mahmud menyerahkan bansos secara simbolis ke pelaku UMKM di Kantor Cabang Bank Sulselbar Sengkang, Rabu (14/7/2021). 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Demi menggairahkan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kabupaten Wajo, Pemkab Wajo mengucurkan bantuan sosial ke para pelaku UMKM.

Ada 81 pelaku UMKM yang mendapatkan bansos dari Bupati Wajo, Amran Mahmud.

Bansos itu diserahkan secara simbolis di Kantor Cabang Bank Sulselbar Sengkang, Rabu (14/7/2021).

Bansos yang diserahkan secara nontunai itu diterima pelaku UMKM yang mengusulkan proposal bantuan sosial 2019 dan dianggarkan pada 2021 melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UMKM (Disperindagkop UMKM) Wajo.

Diketahui, Pemkab Wajo bekerja sama dengan forum kewirausahaan.

Hal itu untuk penentuan penerima, sebab dilakukan survei terhadap usaha pelaku UKM dengan melibatkan tenaga profesional.

Amran Mahmud mengatakan, bansos yang diberikan merupakan bentuk upaya pemerintah membangkitkan pelaku UMKM di tengah pandemi Covid-19.

Mengingat, sektor UMKM adalah salah satu sektor paling babak belur terkena imbas dari pagebluk ini.

"Para pelaku UMKM adalah salah satu sektor penopang utama ekonomi daerah bahkan nasional dan Pemkab Wajo menyadari betul hal ini," katanya.

Selain itu, Amran Mahmud juga menyebutkan bansos itu sebagai upaya mewujudkan program kerja nyata Pemkab Wajo menciptakan 10 ribu entrepreneur.

Serta dari enterpreneur-enterpreneur yang ada diharapkan mampu untuk mencetak enterpreneur lainnya.

Ia juga menyampaikan kepada para pelaku UMKM yang menerima bansos agar tak sekadar melihat nominal yang diserahkan.

"Jangan menilai dari segi jumlahnya, tetapi bantuan ini sebagai bentuk pembelajaran mengelola usaha untuk bagaimana mengembangkan usahanya agar bisa menjadi usaha menengah bahkan sampai usaha besar," katanya.

Ketua DPD PAN Kabupaten Wajo itu menambahkan para pelaku UMKM yang berinovasi dan memaksimalkan bansos, diharapkan bisa meningkatkan usaha.

"Saya harapkan Perindagkop untuk mendampingi dan mengawal, kalau perlu dievaluasi. InsyaAllah kalau usaha berhasil maka perbankan bisa melirik baik melalui CSR-nya maupun bantuan KUR," katanya.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved