Breaking News:

Tribun Kampus

Tim PKM Las 2021 PNUP Beri Pelatihan Pengelasan bagi Kelompok Pemuda Batudoang

Mitra merupakan kelompok pemuda berlatar belakang pendidikan SMA sempat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi namun berhenti karena biaya.

Editor: Hasriyani Latif
PNUP
Tim PKM Las 2021 PNUP melakukan penyerahan bantuan berupa mesin las dan peralatan pendukungnya ke mitra Kelompok Pemuda Batudoang, Sabtu (10/7/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Salah satu unsur tri dharma perguruan tinggi ialah melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) merupakan salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan KM 10 tentunya tidak terlepas dari tanggung jawab tersebut.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan penerapan ilmu untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Oleh karena itu, Tim PKM Las 2021 PNUP melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM), Sabtu (10/7/2021).

Kegiatan PKM tersebut dilaksanakan dalam bentuk pelatihan pengelasan sesuai standar operasional pengelasan (SOP) kepada Mitra yaitu Kelompok Pemuda Batudoang, Kecamatan Tamalanrea, Kota Makassar.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyerahan bantuan kepada mitra berupa Mesin Las, peralatan pendukung las, Kotak P3K dan isinya, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), serta Diktat Pandauan Pengelasan.

Tim pelaksana PKM PNUP tersebut merupakan kolaborasi antara dosen (3 orang), PLP (1 orang), dan mahasiswa (2 orang), yang diketuai oleh Prof Muhammad Arsyad Habe.

Mitra merupakan kelompok pemuda yang berlatar belakang pendidikan SMA yang sempat melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi namun berhenti karena faktor biaya.

Dengan modal “nekat” dan berdasarkan dengan ilmu yang diperoleh saat Semester I, dan II di PT, Anzar memberanikan diri membentuk kelompok las dengan nama “Pemuda Batudoang” yang terdiri dari 3 orang pemuda (Anzar, Awaluddin, dan Syahrul) di Jl Batudoang Kawasan Industri Makassar, Kecamatan Tamalanrea.

Karena lokasinya yang sangat terpencil maka pekerjaan pengelasan yang dikerjakan masih sangat sedikit.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved