Breaking News:

Tribun Parepare

Simak Perjuangan Taufan Pawe di Balik Pendirian Institut Teknologi Habibie Parepare

Pendirian Institut Teknologi BJ Habibie (ITH) di Kota Parepare dengan perjuangan yang panjang

Penulis: Darullah | Editor: Suryana Anas
TRIBUN-TIMUR.COM/DARULLAH
Wali Kota Parepare, Taufan Pawe 

TRIBUNPAREPARE.COM, PAREPARE - Pendirian Institut Teknologi BJ Habibie (ITH) di Kota Parepare dengan perjuangan yang panjang dan tertatih-tertatih yang membungkam keraguan segelintir orang.

Kronologis pendirian ITH di Kota Parepare bermula pada saat Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung dan bermalam di Rujab Wali Kota Parepare pada Kamis 20 Februari 2014 lalu.

Disitulah Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe mulai berdiskusi dan melontarkan ide-ide cemerlangnya untuk menjadikan BJ Habibie sebagai sumber inspirasi.

"Di mana semangat saya pada waktu itu, ingin mendirikan Institut Teknologi BJ Habibie di tempat kelahirannya yaitu di Kota Parepare ini," kata Taufan dalam konferensi pers, di Longue Bj Habibie, Rabu (7/7/2021).

"Beliau merespon dan menganggap itu ide berlian. Sehingga pada waktu itu ikut mentri pendidikan dan kebudayaan, Prof Nuh diperintahkan untuk membicarakan hal ini lebih lanjut di Jakarta," ujarnya.

"Maka saya ke Jakarta dengan membentuk tim penyusun proposal pendirian ITH, pada 3 April 2014," tambahnya.

Tim Proposal bekerja selama 64 hari, mulai tanggal 2 Maret s/d 4 Mei.

Kemudian tim Penyusun Proposal melakukan Studi Banding dan mengunjungi Institut Teknologi Indonesia (ITI) pada 24 Maret.

"Dan selanjutnya kami ingin ada pelibatan tokoh-toko pendidik sehingga kami bertemu juga dengan Prof Malik Fajar di Jakarta pada 25 Maret," jelas Taufan.

"Pada 25 Maret, saya bersama Pak Sekda dan Tim Proposal bertemu dengan Prof BJ Habibie di Patra kuningan Jakarta untuk membicarakan hal ini," paparnya.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved