Breaking News:

Kementan

Jawa-Bali PPKM Darurat, Mentan Syahrul Yasin Limpo Pastikan Stok Beras Aman

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan stok beras aman di tengah pandemi maupun Pemberlakuan PPKM Darurat Jawa Bali.

Penulis: Ari Maryadi | Editor: Suryana Anas
Kementan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berkunjung ke Kantor Dinas Ketahanan Pangan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (872021) siang. (Foto Kementan) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan stok beras aman di tengah pandemi maupun Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa Bali.

Syahrul mengatakan dalam kondisi Covid 19 dan berbagai pembatasan, pangan Indonesia terkendali dengan baik. 

Produksi beras pada masa tanam (MT) I tahun 2021 sebesar 17,56 juta ton. Terdapat surplus overstok pada Januari 2020 sebesar 7,39 juta ton.

Sementara jumlah konsumsi nasional 14,67 juta ton. Sehingga akhir Juni 2021 terdapat surplus beras sebanyak 10,29 juta ton.

"Bapak Presiden Jokowi meminta agar pengendalian pangan untuk kebutuhan nasional sepenuhnya di bawah kendali beberapa menteri untuk dipersiapkan maksimal," kata Syahrul di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Sulsel, Kota Makassar, Kamis (8/7/2021).

Mantan Gubernur Sulsel dua periode itu mengatakan hingga saat ini Indonesia memiliki cadangan beras yang cukup banyak. 

Baik yang ada pada pengendalian langsung Bulog, penggilingan dan pada penanganan pemerintah daerah. Untuk itu pemerintah tidak perlu impor beras. 

Syahrul mengatakan masa tanam II 2021 (Kemarau basah) sudah dimulai dan panen pada pertengahan tahun berpotensi menambah stok pangan nasional. 

Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan produksi beras pada MT II sebanyak 14,25 juta ton dengan surplus beras di awal Juli 10,29 juta ton.

Sementara konsumsi beras 14,91 juta ton, sehingga akhir Desember 2021 diperkirakan terdapat surplus stok beras sebesar 9,63 juta ton.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved