Breaking News:

Tribun Sinjai

Sembilan Desa di Sinjai Masuk Desa Mandiri, Dua Masih Tertinggal

Kesembilan Desa tersebut adalah Talle (Sinjai Selatan), Desa Panaikang (Sinjai Timur), Desa Saotanre (Sinjai Tengah), Desa Saotengah (Tellulimpoe).

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Sudirman
Kominfo SInjai
Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib memaparkan sembilan desa mandiri di kantornya 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA- Sebanyak sembilan desa di Sinjai berstatus desa mandiri.

Kesembilan Desa tersebut adalah Talle (Sinjai Selatan), Desa Panaikang (Sinjai Timur), Desa Saotanre (Sinjai Tengah), Desa Saotengah (Tellulimpoe).

Desa Kalobba (Tellulimpoe) , Desa Massaile (Tellulimpoe), Desa Patongko (Tellulimpoe) , Desa Bua (Tellulumpoe)  dan desa Sukamaju (Tellulimpoe).

Kepala Bappeda Sinjai, Irwan Suaib mengatakan, berdasarkan hasil pemaparan pemutakhiran Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2021, status desa di Sinjai menggalami kemajuan.

Ini dibuktikan dengan posisi Kabupaten Sinjai yang berada diperingkat ke-5 di Provinsi Sulsel dan berada di urutan ke 87 dari 434 Kabupaten di Indonesia.

Irwan merinci status desa di Sinjai dari hasil pemaparan IDM tahun 2021 adalah sembilan status desa mandiri, 24 desa maju, 32 desa berkembang dan tersisa dua desa masuk kategori desa tertinggal.

" Jika dibanding tahun 2020 lalu,  status desa tertinggal dari empat desa sekarang tersisa dua desa, desa berkembang dari 48 desa menjadi 32 desa,"ujar Irwan dalam rilisnya, Rabu (7/7/2021) sore.

Sedang desa maju dari 15 desa tahun lalu sekarang menjadi 24 desa dan status desa mandiri yang sebelumnya tidak ada kini menjadi sembilan desa.

Dengan adanya hasil IDM ini kata Irwan, dapat memudahkan Pemerintah Daerah dan Desa dalam menentukan arah rencana pembangunan desa agar lebih tepat sasaran.

Sehingga data yang dihasilkan lebih akurat dan dapat lebih fokus pada satu potensi desa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved