Breaking News:

Perseroda Sulsel

Perseroda Sulsel Jajaki Ekspor Gurita ke Jepang

Perseroda Sulsel melihat peluang kerja sama untuk meningkatkan ekspor hasil laut Sulsel ke Jepang

Penulis: Muhammad Fadhly Ali | Editor: Suryana Anas
Perseroda Sulsel
Ajirushi Co. Ltd melalui anak perusahaannya yang bergerak di Indonesia PT Kenndo Manajemen Indonesia saat kunjungannya ke Perseroda menawarkan kerja sama ekspor komoditi perikanan khususnya Gurita (cephalopoda Octopus) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Sulawesi Selatan merupakan salah satu pusat gurita di Indonesia dengan jumlah mencapai 35 persen dari seluruh populasi di Indonesia.

Namun sayang, gurita hasil tangkapan nelayan tidak semua bisa masuk ke pasar Jepang.

Penangkapan gurita masih dilakukan secara konvensional.

PT Sulsel Citra Indonesia (PT SCI) atau Perseroda Sulsel melihat peluang kerja sama dengan perusahaan Jepang Ajirushi Co.Ltd untuk meningkatkan ekspor hasil laut Sulsel di pasar Internasional.

Ajirushi Co. Ltd melalui anak perusahaannya yang bergerak di Indonesia PT Kenndo Manajemen Indonesia saat kunjungannya ke Perseroda menawarkan kerja sama ekspor komoditi perikanan khususnya Gurita (cephalopoda Octopus).

Potensi ekspor gurita ke pasar Jepang sangat besar.

Manajer Operasional PT Kenndo Manajemen Indonesia, Kenji Kuzunuki mengatakan target perusahaannya untuk mengirim gurita ke Jepang kurang lebih 300 ton sampai 1.000 ton per tahun dengan nilai potensial mencapai Rp70 miliar per tahun.

"Sulsel potensinya sangat besar untuk memenuhi kebutuhan hasil laut seperti gurita ke pasar Jepang. Namun,hasil tangkapan nelayan kebanyakan masih di bawah standar pasar Jepang," kata Kenji dalam rilis Perseroda, Rabu (7/7/2021).

Penangkapan gurita secara konvensional dan belum adanya fasilitas memadai berupa mesin steam dan cold storage membuat gurita Sulsel banyak ditolak di Jepang.

Kebutuhan gurita di pasar Jepang setiap tahunnya mencapai 2 ribu ton.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved