Tribun Wajo

Jalan Poros Sengkang-Bone Ditimbun Lagi Pasca Banjir

Jl Poros Sengkang-Bone jadi langganan banjir. Saat ini masih sementara diupayakan perbaikan permanen

Humas Pemkab Wajo
Penanganan darurat diambil Pemerintah Kabupaten Wajo melalui Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Pertanahan (PUPRP), dengan berkoordinasi dengan Satker B2PJN Sulsel untuk dilakukan penimbunan di Jl Poros Sengkang-Bone, Minggu (472021) kemarin. 

TRIBUNWAJO.COM, PAMMANA - Hujan yang mengguyur Kabupaten Wajo, belakangan ini menyebabkan banjir di mana-mana.

Tak terkecuali ruas jalan nasional yang terdampak banjir akibat curah hujan yang tinggi menyebabkan sungai meluap.

Salah satu jalanan yang terdampak adalah Jl Poros Sengkang-Bone, tepatnya di Cempa, Desa Pallawarukka, Kecamatan Pammana, Kabupaten Wajo.

Jalanan yang jadi langganan banjir dan selalu amblas itu membuat antrean kendaraan dari arah Kabupaten Wajo dan Kabupaten Bone menumpuk lantaran tak bisa dilalui pada Sabtu (3/7/2021) lalu.

Penanganan darurat diambil Pemerintah Kabupaten Wajo melalui Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan Rakyat, dan Pertanahan (PUPRP), dengan berkoordinasi dengan Satker B2PJN Sulsel untuk dilakukan penimbunan.

"Setelah kami koordinasikan, langsung direspons dan tindaklanjuti oleh Satker B2PJN. Kemarin (Minggu) sudah mulai ditangani sebagai penanganan darurat dan sudah dilaporkan perkembangannya kepada Bapak Bupati," kata Kepala Dinas PUPRP, Andi Pamenneri, Senin (5/7/2021).

Andi Penemeri mengungkapkan, Jl Poros Sengkang-Bone memang tercatat sebagai jalan nasional, saat ini memang masih sementara diupayakan perbaikan permanennya oleh pemerintah pusat.

Sementara itu, Bupati Wajo, Amran Mahmud, menyebutkan Pemerintah Kabupaten Wajo tetap mengupayakan berkoordinasi dengan Satuan Kerja Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (B2PJN) Sulawesi Selatan.

"Sabtu sore saya mendapat laporannya, kemudian saya instruksikan kepada Kadis PUPR untuk segera berkoordinasi dengan pihak terkait dalam hal ini Satker B2PJN," katanya.

Hasilnya, tidak perlu menunggu lama ruas jalan tersebut kini sudah dalam penanganan.

"Alhamdulillah, informasi dari Dinas PUPRP kalau pihak Satker B2PJN sudah mulai membenahi jalan poros Cempa," katanya.

Amran Mahmud pun menyampaikan terima kasih kepada B2PJN yang langsung merespons dengan langsung turun menindaklanjuti pekerjaan jalan.

"Mudah-mudahan dengan adanya penanganan darurat ini bisa memberikan solusi agar jalan di Cempa tersebut tidak macet lagi," katanya.

Politisi PAN itu segera melakukan komunikasi lagi dengan pemerintah pusat terkait persoalan jalan nasional di Wajo.

Terlebih lagi, proses pengerjaan jalanan di Cempa terkendala lantaran berbagai hal.

"Kami juga berharap pemerintah pusat segera menindaklanjuti terkait pembangunan permanen jalan poros Cempa yang memiliki peran penting menghubungkan antara Kabupaten Wajo dan Kabupaten Bone," katanya.

Bahkan, Pemerintah Kabupaten Wajo selalu berkoordinasi dengan anggota DPR-RI untuk mengawal proses pengerjaan Jl Poros Sengkang-Bone itu.

"Pada beberapa kesempatan, kami selalu menyampaikan permohonan untuk perbaikan jalan poros Cempa kepada Kementerian PUPR serta meminta bantuan anggota DPR RI (daerah pemilihan Wajo) untuk dibantu kawal," katanya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved