Breaking News:

KPU Gowa Gelar Rapat Koordinasi dengan Stakeholder, Bahas Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan

Para stakeholders masing-masing menyampaikan dukungan dan kesediaannya memberi masukan data dalam proses Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan

Editor: Ina Maharani
handover
Komisi Pemilihan Umum Gowa menggelar rapat koordinasi dengan stakeholder Rabu (30/6/2021) kemarin. Rapat dipimpin Ketua KPU Gowa Muhtar Muis. 

Sungguminasa, Tribun - Komisi Pemilihan Umum Gowa menggelar rapat koordinasi dengan stakeholder Rabu (30/6/2021) kemarin.

Dipaparkan dalam rilisnya Kamis (1/7/2021) rapat yang digelar mulai pukul 10.30 wita di Aula KPU Gowa, ini terkait Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan (PDPB).

Rapat dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis.

"Rapat koordinasi ini dilaksanakan untuk menerima tanggapan dan masukan dari para stakeholder terkait Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan yang sudah dilaksanakan sejak bulan Maret 2021, pasca pelaksanaan Pilkada Serentak 2020," ujar Muhtar.

Pada kesempatan ini, Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Gowa Wasilah memaparkan bagaimana proses dan progress pelaksanaan Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan sampai bulan Juni 2021.

"Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan adalah pelaksanaan amanat UU No 7 Tahun 2017, pasal 20 Huruf L, Secara teknis, melalui SE 132 yang kemudian mengalami perubahan setelah terbitnya SE 366. Perubahan mendasar pada dua SE itu adalah pelaksanaan rekapitulasi PDPB yang dilaksanakan setiap bulan oleh internal KPU, sedangkan rapat koordinasi dengan stakeholder dilaksanakan tiga bulan sekali," ujarnya.

"Dalam pelaksanaannya, karena sudah tidak ada penyelenggara ad hock, maka upaya yang dilakukan adalah melalui koordinasi dengan semua pihak yang berkepentingan untuk menerima masukan baik potensi pemilih baru, pemilih TMS, maupun pemilih ubah data. Untuk itulah melalui rapat koordinasi ini, kami memohon kerjasama dari semua pihak," tambah Wasilah, sapaan akrabnya.

Rapat koordinasi dihadiri oleh Bawaslu Gowa, Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gowa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, perwakilan Kodim 1409 dan Polres Gowa, serta LO Partai Politik yang ada di Kabupaten Gowa.

Para stakeholders masing-masing menyampaikan dukungan dan kesediaannya memberi masukan data dalam proses Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan di Kabupaten Gowa.

Rapat koordinasi berakhir pada pukul 12.00 dan dilanjutkan dengan rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan dalam rapat pleno tertutup KPU Kabupaten Gowa.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved