Tribun Kampus

3.607 Calon Maba Daftar Jalur Mandiri Non Subdisi di Unhas

3.607 Calon Maba Daftar Jalur Mandiri Non Subdisi di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar

Penulis: Rudi Salam | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN TIMUR/RUDI SALAM
Humas Unhas, Ishaq Rahman 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) Tahun 2021 Jalur Mandiri Non Subsidi (JNS). 

Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri JNS merupakan upaya untuk memperluas dan memberikan kesempatan kepada calon mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik dan didukung dengan kemampuan finansial. 

Kepala Humas Unhas Ishaq Rahman menyebut banyak sebanyak 3.607 orang pendaftar melalui jalur mandiri ini.

“Sekarang sudah tahap ujian tulis dan wawancara,” kata Ishaq saat via WhatsApp ke tribun-timur.com, Kamis (1/7/2021) sore.

Untuk biaya kuliah melalui jalur ini, berbeda-beda tiap jurusan.

Ishaq menjelaskan bahwa calon mahasiswa bisa melihat detail biaya kuliah melalui http://regpmb.unhas.ac.id.

Sementara itu, melalui keterangan tertulis, Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof Muhammad Restu, menjelaskan proses seleksi tahun ini tidak mengalami perbedaan dari tahun sebelumnya, yang juga berlangsung secara online. 

Calon pendaftar memiliki nilai UTBK (Ujian Tertulis Berbasis Komputer) di SBMPTN dan terdaftar sebagai peminat pada salah satu prodi Unhas. 

"Kita mempertimbangkan nilai UTBK dan ujian internal. Jika dilihat peserta JNS berdasarkan sisi peminatan, tercatat total ada 3.607 peserta yang terbagi dalam dua pilihan prodi yang diberikan," jelasnya.

Secara umum untuk Jalur Mandiri, Unhas hanya menyediakan kuota penerimaan kurang lebih 21%.  

Meskipun sebagai universitas berbadan hukum dengan otonomi sendiri, Unhas tetap melakukan proses seleksi dan penerimaan mahasiswa baru sesuai kebutuhan. 

"Sebagai PTN-BH, sebenarnya kita dapat menerima hingga 50% untuk jalur mandiri. Banyak masyarakat yang berasumsi bahwa Unhas mengutamakan jalur mandiri.]," katanya.

"Tapi, sebenarnya tidak seperti itu. Unhas tetap memperhatikan kualitas dan sesuai kebutuhan, makanya untuk tahun ini kuota hanya tersedia 21% untuk jalur mandiri," lanjutnya. 

Ia berharap mahasiswa yang nantinya lulus melalui jalur ini memiliki komitmen kuat dan memberikan kontribusi terbaiknya untuk Unhas. 

Dirinya mengatakan bahwa setelah menjadi bagian Unhas tidak ada lagi perbedaan jalur masuk. 

Sehingga, proses pembelajaran mengikuti kode etik yang ditetapkan.(*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved