Breaking News:

Quraish Shihab

Kondisi Quraish Shihab Membaik Setelah Dipasangi Alat Pacu Jantung, Qasim Mathar: Sudah Bisa Pulang

Meski kadang memiliki nuansan pemikiran tentang Islam yang berbeda, Qasim Mathar dan Quraish Shihab adalah satu rumpun keluarga.

Editor: AS Kambie
YOUTUBE.COM/NAJWA SHIHAB
Quraish Shihab 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR – Guru Besar Emiritus UIN Alauddin Makassar, Prof Dr M Qasim Mathar, mengabarkan kondisi terkini cendekiawan muslim dunia, Prof Dr M Quraish Shihab, Minggu, 27 Juni 2021, pagi.

Sepupu Quraish Shihab itu memastikan penulis Tafsir Al-Mishbah tersebut dalam konsidi baik setelah menjalani pemasangan alat pacu jantung.

“Alhamdulillah, kemarin sore sudan selesai pemasangan alat pacu jantung dan Insya Allah hari ini atau besok bsa pulang,  Syukran doa-doanya,” demikian pesan singkat yang dikirim Qasim Mathar ke Tribun-Timur.com meneruskan pesan singkat dari Quraish Shihab, Minggu, 27 Juni 2021, pagi ini.

Pendiri Pesantren Matahari itu menjadi salah satu sumber informasi Tribun-Timur.com mengenai kondisi Quraish Shihab setelah mantan Menteri Agama RI ini dirawat di RS Matraman, Jakarta.

"Saat saya telepon, telepon Prof Quraish Shihab (tapi nomor teleponnya) tidak aktif. Saya telepon adiknya, Dr dr Nizar Shihab. Darinya saya diberitahu bahwa Prof Quraish karena merasa lemas, dibawa ke RS Pondok Indah. Jantungnya bermasalah. Denyutnya 40 per detik. Dokter menyarankan pemasangan pemicu jantung sementara. Ada kemajuan denyutnya 70."

"Karena RS Pondok Indah penuh, beliau dibawa ke RS Matraman. Di sana disarankan pemasangan pemicu jantung permanen. Sudah dilakukan. Alhamdulillah, meski dengan kursi roda, beliau sudah lebih baik dengan pemicu permanen tersebut. Pak Quraish juga tetap sadar dan tetap dalam observasi dokter. Insyaallah, kalau dalam satu dua hari kondisinya baik, beliau boleh pulang ke rumah.
Doa kita untuk beliau, i!"

Demikian ditulis Prof Qasim Matharr dalam pesan singkat menjawab pertanyaan Tribun-Timur.com, Jumat (25/6/2021) malam.

Meski kadang memiliki nuansa pemikiran tentang Islam yang berbeda, Qasim Mathar dan Quraish Shihab adalah satu rumpun keluarga.

Kedua cendekiawan itu dibesarkan di Sidrap, Sulawesi Selatan.

Silsilah keluarga Qasim Mathar dan Quraish Shihab sama, ayah garis keturunan Arab Quraisy dan ibu bangsawan Bugis.

Penulis Literasi Ulama Tribun Timur, Dr Firdaus Muhammad, mengatakan, kakek Qasim Mathar bernama Anre gurutta Haji (AGH) Ali Mathar memiliki geneologi dengan Puttalada yang mempersunting bangwasan Bugis Rappang melahirkan putra-putri yang juga melahirkan ulama dan cendekiawan.

Disebutkan, AGH Ali Mathar bersaudara dengan Hasan Mathar dan Zohrah Mathar. Zohra Mathar adalah ibu kandung Asma atau puang cemma’ ibu kandung Quraish Shihab.

Artinya, kakek Qasim Mathar bersaudara dengan nenek Quraih Shihab.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved