Breaking News:

CPNS 2021

Siap-siap, Pendaftaran CPNS dan PPK Dibuka Pekan Depan, Pastikan Syarat Pendaftaran Terpenuhi

Pendaftaran untuk mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPK) segera dibuka pekan depan.

Editor: Muh. Irham
DOK KOMPAS.COM
Ilustrasi tes CPNS. 

TRIBUNTIMUR.COM - Pendaftaran untuk mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPK) segera dibuka pekan depan.

Menurut Kepala BKN Bima Haria Wibisana, tanggal pasti pengumuman pendaftaran belum ditentukan. Namun ia menyampaikan pendaftaran paling lambat dimulai pada 30 Juni 2021.

"Insya Allah rencananya begitu (pekan depan dibuka rekrutmen CPNS dan PPPK)," kata dia kepada Kompas.com, Jumat (25/6/2021).

Sementara untuk pelaksanaan tes CPNS 2021 dan PPPK guru, Bima mengatakan tes akan berlangsung terpisah dengan formasi lainnya.

Peserta CPNS 2021 harus melalui rangkaian tes seleksi kompetisi dasar (SKD) dan kompetisi bidang (SKB) menggunakan skema computer assisted test (CAT).

Sedangkan proses seleksi PPPK yang membutuhkan 1 juta tenaga guru akan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

"Berbeda dan untuk PPPK guru tesnya dilakukan oleh Kemendikbudristek," ujarnya.

Adapun ketentuan pelamar untuk mengikuti seleksi CPNS 2021 meliputi:

1. Saat mendaftar batas usia pelamar CPNS minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun atau maksimal 40 tahun bagi pelamar yang melamar jabatan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis, Dosen, Peneliti, dan Perekayasa yang memiliki kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor) sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 23 Tahun 2019;

2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara 2 tahun atau lebih;

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved