Breaking News:

Tribun Maros

Sejumlah Fraksi DPRD Maros Soroti Alih Fungsi Lahan Pertanian

Sejumlah fraksi DPRD Maros menyoroti alih fungsi lahan pertanian yang dituding sebagai penyebab turunnya angka produksi padi di Maros

Penulis: Nurul Hidayah | Editor: Suryana Anas
TRIBUN-TIMUR.COM/NURUL HIDAYAH
Rapat Paripurna di Kantor DPRD Maros, Kamis  (24062021) siang. 

TRIBUNMAROS.COM, MAROS– Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maros menagadakan Paripurna di Kantor DPRD Maros, Kamis  (24/06/2021) siang. 

Rapat tersebut membahas mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 

Pada pandangan umum, Sejumlah fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maros menyoroti alih fungsi lahan pertanian yang dituding sebagai penyebab turunnya angka produksi padi di Maros beberapa tahun terakhir ini. 

Salah satu fraksi yang menyoroti hal itu yakni dari Gerindra yang dibacakan oleh Rosdiana. 

Menurutnya, lahan pertanian, khususnya yang produktif tidak boleh dialih fungsikan ke sektor lain, karena saat ini salah satu unggulan produksi di Maros adalah pertanian. 

“Kami harap Pemerintah memperhatikan alih fungsi lahan pertanian menjadi idnsutri maupun perumahan, karena ini menjadi salah satu faktor yang membuat kuantitas produksi kita menurun saat ini,” kata Rosdiana. 

Selain soal alih fungsi lahan pertanian, sejumlah fraksi juga terus meminta Pemerintah Daerah untuk mengatasi persoalan krisis air bersih utamanya di daerah pesisir Maros yang sampai hari ini belum juga bisa dituntaskan. 

“Kami juga berharap agar persoalan infrastruktur yang masih ada ketimpangan bisa diatasi, juga penerangan jalan, drainase dan yang terpenting adalah soal kekeringan yang masih dirasakan dampaknya di daerah pesisir,” tambahnya. 

Terkait alih fungsi lahan, Ketua Fraksi PPP, Hasmin Badoa menambahkan jika hal itu harus diawasi secara ketat oleh Pemerintah Daerah, peran Dinas penataan ruang sangat dibutuhkan untuk memastikan setiap perubahan lahan pertanian. 

“Kami juga tidak punya data persisnya soal itu, namun yang jelasnya, persoalan alih fungsi lahan ini kita sudah lihat dan rasakan sendiri. Nah peran Pemerintah dalam hal ini Dinas Penataan Ruang harus lebih dioptimalkan lagi,” sebutnya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved