Breaking News:

Tribun Selayar

Nelayan Kawasan Taka Bonerate Perlu Edukasi Pelestarian Lingkungan

Nelayan kawasan Taman Nasional Taka Bonerate memerlukan edukasi pelestarian lingkungan untuk pembangunan perikanan berkelanjutan

Penulis: Ari Maryadi | Editor: Suryana Anas
TRIBUN-TIMUR.COM/ARI MARYADI
Balai Taman Nasional Taka Bonerate (Balai TN Taka Bonerate) turun melakukan kunjungan ke kawasan Taman Nasional Taka Bonerate 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR -- Nelayan kawasan Taman Nasional Taka Bonerate memerlukan edukasi pelestarian lingkungan untuk pembangunan perikanan berkelanjutan dan pengembangan ekowisata. 

Atas dasar tersebut, Balai Taman Nasional Taka Bonerate (Balai TN Taka Bonerate) turun melakukan kunjungan ke kawasan Taman Nasional Taka Bonerate.

Kegiatan berlangsung selama lima hari, dari tanggal 21 sampai 25 Juni 2021. 

Balai TN Taka Bonerate melakukan penelusuran terkait kegiatan perikanan ramah lingkungan, upaya pemberantasan illegal fishing dan destructive fishing, dan potensi pengembangan ekowisata di kawasan Taman Nasional Taka Bonerate.

Balai TN Taka Bonerate turun untuk mengetahui efektivitas pengelolaan kawasan Taman Nasional Taka Bonerate, khususnya pembangunan perikanan berkelanjutan dan pengembangan ekowisata.

Balai TN Taka Bonerate menemukan bahwa mayoritas masyarakat dalam kawasan TN Taka Bonerate menggantungkan hidupnya pada kawasan konservasi tersebut sebagai nelayan.

Balai TN Taka Bonerate dihadapkan pada tantangan yang dihadapi di kawasan yang memiliki potensi sumberdaya ikan yang amat kaya itu.

Tantangan tersebut adalah pemanfaatan yang kurang mempertimbangkan aspek kelestarian sumberdaya ikan maupun habitatnya.

Misalnya penangkapan yang tidak ramah lingkungan atau destructive fishing. 

Kepala Balai Taman Nasional Taka Bonerate Faat Rudhianto mengatakan pihaknya bersama para mitra, termasuk WCS Indonesia Program, telah melaksanakan berbagai program edukasi, penyuluhan, dan penyadaran kepada nelayan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved