Breaking News:

PPDB 2021

Masih Ada 31 Ribu Lulusan SMP di Sulsel yang Tidak Lulus Sekolah Negeri, Mau Dikemanakan?

Ketua PPDB Sulsel Idrus menyebut masih ada sekitar 31 ribu lulusan SMP yang tidak mampu terfasilitasi di sekolah negeri.

Penulis: Siti Aminah | Editor: Suryana Anas
TRIBUN-TIMUR.COM/SITI AMINAH
RDP Komisi E bersama Dinas Pendidikan Sulsel, Selasa (2262021) siang. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Ketua Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Provinsi Sulawesi Selatan, Idrus menyebut masih ada sekitar 31 ribu lulusan SMP yang tidak mampu terfasilitasi di sekolah negeri.

Data tersebut disampaikan melalui rapat dengan pendapat (RDP) terkait masalah PPDB yang berlangsung di Ruang Rapat Komisi E DPRD Sulsel.

Idrus mengatakan, berdasarkan data di dapodik, tahun ini sebanyak 153.883 (ribu) siswa yang lolos SMP/MTs.

Sementara daya tampung untuk keseluruhan sekolah negeri di Sulsel hanya 122.497 (ribu) atau 79,6 persen.

"Jadi masih ada 20,4 persen calon siswa yang tidak bisa diterima karena daya tampung sudah penuh," jelas Idrus di ruang rapat Komisi E DPRD Sulsel, Selasa (22/6/2021) siang.

Daya tampung tersebut sudah dibagi berdasarkan daya tampung sekolah dimana untuk SMA negeri hanya maksimal 12 rombel per tingkatan.

"Total tiga tingkatan 36 rombel. Paling sedikit 20 rombel, paling banyak 36," sebutnya.

Kepala Dinas Pendidikan Sulsel M Jufri menyampaikan, pihaknya sudah berupaya agar bisa memenuhi kebutuhan sekolah di Sulsel.

Tahun ini, pihaknya sudah menambah satu sekolah di Makassar, SMAN 24 untuk mengurangi jumlah lulusan yang tidak tercover.

Namun, pihaknya tidak akan mempu memenuhi kebutuhan tesebut secara tuntas, mengingat ada sekolah swasta yang juga membutuhkan siswa untuk bisa menjalankan pendidikan di jalur swasta.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved