Breaking News:

Covid 19

Amerika Mulai Mengancam China untuk Tidak Menghalangi Penyelidikan Asal Mula Covid-19 di Wuhan

Amerika Mulai Mengancam China untuk Tidak Menghalangi Penyelidikan Asal Mula Covid-19 di Wuhan

Editor: Ilham Arsyam
South China Morning Post
Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan penyelidik China melakukan penyelidikan tentang asal-usul Covid-19 pada Februari 2021. Asal-usul Covid-19 masih belum jelas hingga saat ini. 

TRIBUN-TIMUR.COM -  Asal-usul Virus Corona atau Covid-19 masih simpang siur sejauh ini.

Namun belakangan ini berkembang isu bahwa asal-usul Covid-19 adalah kebocoran dari laboratorium di Wuhan, China.

Tak tanggung-tanggung ini menjadi isu global. Amerika disebut paling ngotot menuding China ada di balik pandemi ini.

Sebelumnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan peneliti Tiongkok melakukan penyelidikan tentang asal mula pandemi pada Februari.

Mereka tidak menemukan bukti definitif Covid mulai menyebar setelah melarikan diri dari laboratorium atau setelah melompat ke manusia dari hewan yang terinfeksi.

Tetapi Pemerintah AS Biden dan para pemimpin dunia lainnya telah menyerukan penyelidikan independen atas kekhawatiran tentang data laporan tersebut.

Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional Gedung Putih, memperingatkan China agar tidak menghalangi penyelidikan lain.

Sullivan mengatakan bahwa pemerintahan Biden ingin memberikan “tekanan diplomatik” pada Beijing agar memungkinkan lebih banyak akses untuk penyelidikan.

Melansir Express.co.uk, Selasa (22/6/2021), Sullivan berkata: “Ini adalah persiapan diplomatik – mengumpulkan negara-negara di dunia, memaksakan tekanan politik dan diplomatik pada China, itu adalah bagian inti dari upaya yang kami lakukan untuk akhirnya menghadapi China dengan pilihan yang jelas.

“Entah mereka (China) akan mengizinkan, dengan cara yang bertanggung jawab, penyelidik melakukan pekerjaan nyata untuk mencari tahu dari mana asalnya, atau mereka akan menghadapi isolasi di komunitas internasional.”

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved