Breaking News:

Tribun Enrekang

Terdakwa Kasus Pencemaran Nama Baik Bupati Enrekang Divonis 8 Bulan Penjara

Terdakwa Kasus Pencemaran Nama Baik Bupati Enrekang Divonis 8 Bulan Penjara

Penulis: Muh. Asiz Albar | Editor: Hasriyani Latif
TRIBUN-TIMUR.COM/M AZIS ALBAR
Pengadilan Negeri (PN) Kelas II Enrekang, Kelurahan Galonta, Kecamatan Enrekang, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. 

TRIBUNENREKANG.COM, ENREKANG - Terdakwa Ridwan alias Wawan Purnama divonis delapan bulan kurungan dan denda Rp 5 juta subsider dua bulan kurungan oleh Majelis Hakim dalam persidangan di Pengadilan Negeri (PN) Kelas II Enrekang.

Putusan tersebut telah dibacakan oleh majelis hakim Pengadilan Tipikor Makassar dalam persidangan pada Senin (7/6/2021) lalu.

Hal itu dibenarkan oleh Humas PN Kelas II Enrekang, Pungky Wibowo saat ditemui TribunEnrekang.com di kantor PN Kelas II Enrekang, Senin (21/6/2021) siang.

"Iya betul sudah jatuh putusannya. Vonisnya delapan bulan kurungan dan denda Rp 5 juta atau dua bulan kurungan jika tak mampu membayar dendanya," katanya.

Menurut Pungky, berdasarkan persidangan Majelis Hakim yang diketuai Karsena menyatakan terdakwa Ridwan alias Wawan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah.

Terdakwa dinyatakan bersalah melakukan tindak pidana dengan sengaja dan tanpa hak membuat konten yang dapat diakses melalui informasi elektronik yang bermuatan pencemaran nama baik.

Pungky menjelaskan, hasil putusan tersebut sudah inkrah atau berkekuatan hukum tetap lantaran tak ada lagi upaya hukum lain (banding) yang dilakukan oleh terdakwa dan juga Jaksa Penuntut Umum (JPU).

"Sampai tujuh hari pasca pembacaan putusan, tidak upayakan hukum lain yang dilakukan pihak JPU dan terdakwa, sehingga kami anggap keduanya sama-sama telah menerima putusan itu," ujarnya.

Vonis yang diberikan kepada terdakwa Ridwan lebih ringan dari tuntutan JPU yang mengajukan tuntutan 10 bulan kurungan plus denda Rp 5 juta subsider 3 bulan kurungan.

Terkait anggapan publik yang menilai terdakwa Ridwan punya penyakit mental, Pungky mengatakan, hal itu tidak terlihat selama proses persidangan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved