Breaking News:

Tribun Sulsel

Serapan Anggaran Pemprov Sulsel Rapor Merah, Ketiga Terbawah se-Indonesia

Serapan anggaran atau belanja daerah Pemprov Sulsel masih di angka 20,36 persen di bawah dari rata-rata serapan di angka 27,90 persen

Penulis: Muhammad Fadhly Ali | Editor: Suryana Anas
Kemendagri
Serapan anggaran atau belanja daerah Pemprov Sulsel masih di angka 20,36 persen di bawah dari rata-rata serapan di angka 27,90 persen. 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Asisten III Setda Sulsel Tautoto bersama Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulsel, mengikuti Rapat Koordinasi Percepatan Realisasi APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota secara virtual, Jumat (18/6/2021) siang.

Rapat tersebut dipimpin Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Hudori.

Menurutnya, Kemendagri terus mendorong percepatan penyerapan belanja di daerah dengan melakukan berbagai monitoring dan rapat koordinasi.

Hingga 15 Juni 2021, realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) terpantau masih rendah. Padahal, akhir Juni 2021, Pemerintah telah menargetkan realisasi belanja minimal 40 persen.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Hudori memaparkan, alokasi dan realisasi APBD per 15 Juni Tahun Anggaran 2021, menunjukan secara akumulatif realisasi belanja yang belum memenuhi target.

Berdasarkan realisasi APBD provinsi per tanggal 15 Juni 2021, mencatatkan realisasi belanja sebesar 27,90 persen.

“Saya mohon, sekarang ini kita sudah memasuki bulan Juni dan masih ada waktu mungkin sekitar 10 hari kurang untuk realisasi APBD provinsi, kabupaten dan kota, ini kita harapkan lebih tinggi lagi,” ujar Hudori dalam rapat virtual tersebut.

Daari data yang didapatkan per 15 Juni, belanja Provinsi Lampung mencatatkan realisasi tertinggi dibandingkan provinsi lainnya, sekitar 43,10 persen. Meski demikian, disebutkannya masih banyak daerah lain yang realisasi belanjanya perlu mendapat perhatian.

“Bagi daerah-daerah yang masih kecil kami berharap ini harus segera dilakukan percepatan realisasi, ini sudah akan berakhir kuartal kedua, saya mohon kepada teman-teman kabupaten/kota ini juga mempercepat penyerapan APBD 2021,” ujarnya.

Bagaimana dengan Sulsel?

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved