Breaking News:

Tribun Sinjai

ASN Sinjai Ini Tak Masalah Jika Cuti Ditiadakan, Asalkan . . .

ASN Sinjai menilai tidak ada masalah jika pemerintah pusat menghapus cuti ASN yang berdekatan dengan hari libur nasional.

Penulis: Samsul Bahri | Editor: Suryana Anas
Dok Pribadi
ASN Diskominfo Sinjai, Haryanti Arief. (dok pribadi). 

TRIBUNSINJAI.COM, SINJAI UTARA - Aparat Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menilai tidak ada masalah jika pemerintah pusat menghapus cuti ASN yang berdekatan dengan hari libur nasional.

Salah satu ASN di Sinjai bernama Haryanti Arief menilai bahwa keputusan pemerintah tersebut dinilai tidak masalah jika penyebaran virus Covid tidak melonjak.

"Kalau cuti ditiadakan karena alasan mencengah penyebaran covid-19, bukan masalah bagi kami ASN jika harus seperti itu tapi pemerintah juga harus menjamin bahwa lonjakan covid dapat ditekan seminimal mungkin. Karena ASN juga butuh istirahat dan libur agar kinerja lebih baik lagi," kata Haryanti Arief pagi tadi melalui telepon selulernya, Sabtu (19/6/2021).

Sebelumnya pemerintah menetapkan perubahan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2021 melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri yang ditandatangani pada Jumat, (18/6/2021).

Perubahan berlaku untuk hari libur nasional Tahun Baru Islam 1443 Hijriah dan Maulid Nabi Muhammad SAW serta cuti bersama Hari Raya Natal.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokraksi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa cuti merupakan hak setiap Aparatur Sipil Negara (ASN).

Namun dalam kondisi pandemi Covid-19, cuti yang berdekatan dengan hari libur nasional ditiadakan.

Ia meminta agar ASN tidak memanfaatkan untuk mengambil cuti pada hari kerja yang terjepit diantara hari libur.

"ASN sesuai ketentuan mempunyai hak cuti perorangan, tapi kami putuskan demi kemaslahatan dalam konteks pandemi, bahwa hak cuti ASN itu untuk sementara ditiadakan. Ditiadakan dimaksudkan untuk cuti yang berdekatan dengan hari libur maupun cuti bersama," kata dia melalui keterangan tertulis.

ASN dapat mengajukan cuti namun Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) masing-masing instansi tetap selektif dalam memberikan izin.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved