Breaking News:

Video Viral

VIDEO Viral: Kakek Tua Kumpulkan Rp30 Ribu Hasil Memulung Tapi Dijambret Juga, Pelaku Kini Diburu

"Kepada pelaku, saya ingatkan bahwa tindakannya memiliki konsekuensi hukum yang harus dia pertanggungjawabkan," kata Kapolres

Penulis: Nur Fajriani R | Editor: Waode Nurmin
IST
Viral, Video Pemulung Tua Dijambret, Kapolres Blitar: Pelaku Harus Bertanggung Jawab 

TRIBUN-TIMUR.COM - Seorang pemulung berusia 70-an tahun di Kabupaten Blitar, Jawa Timur bernama Poniman mengalami penjambretan.

Peristiwa penjambretan pada Minggu siang (13/6/2021) itu terekam kamera pengawas CCTV yang dipasang di rumah warga di sekitar lokasi. Video penjambretan tersebut viral di media sosial.

Ucapan simpati bagi Poniman dan hujatan terhadap pelaku terus mengalir pasca-viralnya video itu.

Kejadian di Dusun Sekardangan, Desa Papungan, Kecamatan Kanigoro tersebut juga membuat geram publik karena korban bukan hanya berusia lanjut tapi juga penyandang disabilitas fisik dan mental.

Kapolres Blitar AKBP Leonardo M Sinambela menjelaskan, petugas tengah melakukan pengejaran terhadap pelaku penjambretan.

"Kami selidiki kasus ini dan pelaku akan segera kami tangkap. Mohon doanya. Kepada pelaku, saya ingatkan bahwa tindakannya memiliki konsekuensi hukum yang harus dia pertanggungjawabkan," ujar Leonard M Sinambela di sela kunjungan ke rumah Poniman di Desa Tlogo, Kecamatan Kanigoro, Kamis (17/6/2021).

Leo mengakui, meski uang yang dijambret pelaku hanya sekitar Rp 30.000 namun penjambretan itu dinilai masyarakat sebagai tindakan yang keterlaluan karena memanfaatkan keterbatasan kondisi korban.

Menurutnya, pelaku sudah memperhitungkan sebelumnya bahwa korban tidak akan mampu mengejar dan berteriak keras setelah dia jambret.

Tinggal berdua dengan istri

Poniman tinggal di rumah kecil di Desa Tlogo berdua dengan istrinya, Sunarti yang juga penyandang disabilitas berusia kurang lebih 70 tahun.

Mesidi, adik Poniman, mengatakan, sebenarnya pihak keluarga sanggup memenuhi kebutuhan makan bagi Poniman dan Sunarti.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved