Breaking News:

Tribun Gowa

Aplikasi Sahabat Lapor Pemkab Gowa Masuk Finalis Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Aplikasi Sahabat Lapor Pemkab Gowa Masuk Finalis Top 99 Inovasi Pelayanan Publik

Penulis: Sayyid Zulfadli Saleh Wahab | Editor: Hasriyani Latif
Humas Pemkab Gowa
Lampiran finalis top inovasi kompetisi inovasi pelayanan publik di lingkup Kementerian/lembaga pemerintah daerah BUMN dan BUMD Tahun 2021. 

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa membuat inovasi dengan 
aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik (SP4N) Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR).

Sahabat Lapor sendiri merupakan inovasi yang digagas untuk membantu mempermudah masyarakat Kabupaten Gowa dalam menyampaikan laporan terkait pelayanan publik.

Inovasi Sahabat Lapor yang digagas Pemkab Gowa melalui Bagian Organisasi masuk dalam Finalis Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021 yang dilaksanakan Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Hal ini tertuang dalam Pengumuman KEMENPANRB Nomor : B/112/PP.00.05/2021 tentang Finalis Top Inovasi Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementrian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMD dan BUMD Tahun 2021 pada Rabu (16/6/2021).

Inovator Sahabat Lapor yang juga Kasubag Ketatalaksanaan Bagian Organisasi Setkab Gowa, Indra Said menjelaskan Sahabat Lapor ini merupakan 18 orang perwakilan setiap kecamatan yang bertugas memberikan sosialisasi kepada masyarakat.

Itu kata dia, untuk memanfaatkan aplikasi Lapor terhadap pelayanan publik.

"Masih banyak masyarakat yang belum paham menggunakan teknologi sehingga kami membentuk Sahabat Lapor ini sebagai media untuk mengedukasi masyarakat menggunakan aplikasi Lapor.go.id atau sms ke 1708 jika ingin menyampaikan aspirasi atau laporan terkait pelayanan publik di Kabupaten Gowa," jelas Indra, dalam keterangan tertulisnyanya ke tribun-timur.com, Jumat (18/6/2021) siang. 

Ia menyampaikan bahwa, sebelumnya inovasi Sahabat Lapor ini telah melalui tahapan Seleksi Administrasi dengan peserta 3.178 seluruh Indonesia.

Kemudian pada tahap Penilaian Proposal Inovasi Pelayanan Publik inovasi Sahabat LAPOR berkompetisi dengan peserta sebanyak 1.609, dan selanjutnya ditetapkan 260 peserta. 

"Setelah melalui berbagai tahapan, pada akhirnya Tim Evaluasi Kementerian PANRB menetapkan Inovasi Sahabat Lapor menjadi Top 99 terbaik Nasional untuk selanjutnya akan mengikuti tahapan berikutnya yaitu presentasi dan wawancara Finalis Top Inovasi kepada Tim Panel Independen Nasional untuk menghasilkan Top 44 Nasional," bebernya. 

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved