Breaking News:

Kesehatan

6 Tanda Seseorang Akan Terkena Serangan Jantung Saat Olahraga

Orang yang malas bergerak (mager) biasanya rawan terkena serangan jantung. Demikian pula dengan perokok, dan yang bergaya hidup tidak sehat.

Editor: Muh. Irham
tribun timur/muhammad abdiwan
Warga berolahraga di joging track Lapangan Karebosi Makassar 

TRIBUNTIMUR.COM - Orang yang malas bergerak (mager) biasanya rawan terkena serangan jantung. Demikian pula dengan perokok, dan yang bergaya hidup tidak sehat.

Kendati demikian, orang yang rajin berolahraga juga rentan terkena serangan jantung. Apa yang terjadi terhadap atlet bulu tangkis Indonesia, Markis Kido, adalah salah satu contohnya.

Sebelum mengenali tanda-tanda serangan jantung saat olahraga, ketahui dulu kemungkinan penyebabnya.

Penyebab serangan jantung saat olahraga

Dokter ahli jantung dari RS Mount Elizabeth Singapura Dr Paul Chiam menjelaskan, penyebab serangan jantung saat olahraga paling banyak berasal dari gangguan irama jantung atau aritmia.

Gangguan irama jantung tersebut jamak disebabkan gangguan penebalan otot jantung (kardiomiopati hipertrofik) serta kelainan kelistrikan jantung bawaan.

Menurut Dr Chiam, serangan jantung saat olahraga karena gangguan irama jantung tersebut lebih rentan dialami pria ketimbang wanita.

Untuk itu, pemilik gangguan irama jantung atau aritmia wajib berkonsultasi ke dokter dan tenaga profesional medis kebugaran sebelum melakoni olahraga yang sifatnya ekstrem atau berat.

Orang yang punya keluarga dengan riwayat penyakit jantung atau serangan jantung mendadak serta pernah pingsan saat olahraga juga perlu melakukan pemeriksaan jantung sebelum menjalankan olahraga berat.

Untuk memantau kondisi jantung, dokter biasanya merekomendasikan pemeriksaan jantung dengan alat EKG atau USG jantung.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved