Tribun Makassar

Perjalanan Andi Riandi Rais dan Muzdalifah Adnen Bisnis Skincare, Sempat Dicibir Orang Dekatnya

Keuntungan dari penjualan produk ditabung sedikit demi sedikit agar bisa menjangkau penjualan lebih luas.

Penulis: Siti Aminah | Editor: Imam Wahyudi
TRIBUN TIMUR/SITI AMINAH
Owner MS Glow Distributor Makassar, Andi Riandi Rais saat memberi sambutan dalam grand opening gerai baru di Jalan Abdurrahman Basalamah, Racing Centre, Makassar, Minggu (13/6). 

TRIBUN-TIMUR.COM,MAKASSAR - Sebelum sukses menjadi distributor resmi produk kecantikan MS Glow, pasangan suami istri, Andi Riandi Rais (34) dan Muzdalifah Adnen (26), mengaku mendapat banyak benturan.

Awal mula karirnya di bisnis skincare dimulai pada tahun 2017 lalu. Muzdalifah Adnen kala itu memutuskan berhenti menjadi honorer di Pemda Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara lalu merantau ke Makassar, Sulawesi Selatan.

Keputusannya untuk meninggalkan kampung halaman dan beranjak ke Kota Daeng, julukan Kota Makassar, tak disambut baik oleh orangtua. Bahkan, orang-orang disekitarnya ikut menghakimi keberaniannya untuk memulai bisnis.

"Saya dicibir, dicaci maki sama orang sekitar. Mereka bilang kenapa lulusan sarjana mau jadi penjual krim (produk kosmetik wajah)," ucapnya.

Kisah itu diceritakan oleh Muzdalifah Adnen di depan tamu yang menghadiri grand opening gerai MS Glow Distributor Makassar miliknya, yang berlokasi di Jalan Abdurrahman Basalamah, dulu Jl Racing Centre, Makassar, Minggu (13/6/21) siang.

Untungnya, kata Muzdalifah, ada sosok yang terus memberikan semangat untuknya, yaitu Andi Riandi Rais yang saat itu masih berstatus pacar Muzdalifah. Keduanya saling kenal saat menjadi mahasiswa di Universitas Muslim Indonesia (UMI).

Bahkan, untuk menjadi penjual skincare ia diberi modal oleh pacarnya, Rp 3 juta sebagai syarat untuk menjadi reseller MS Glow Makassar.

Sembari sibuk berpromosi kesana kemari, menawarkan ke kolega hingga memanfaatkan Instagram, Facebook dan sosial media lainnya, sang pacar sedang dalam proses penyelesaian studi magister di Institut Teknologi Bandung (ITB) Jurusan Metalurgi.

Sampai akhirnya pada tahun 2019, keduanya memilih untuk melangkah ke jenjang pernikahan. Bisnis produk kecantikan tetap di jalankan bersama.

Seiring berjalannya waktu, perempuan kelahiran 1994 ini mengubah statusnya dari reseller menjadi member resmi.

Keuntungan dari penjualan produk ditabung sedikit demi sedikit agar bisa menjangkau penjualan lebih luas.

Untuk menjadi member butuh modal Rp 16 juta. Setelah itu, keuntungan terus bertambah, lalu menjadi agen dengan syarat bermodal Rp150 juta. 

Saat ini, keduanya telah sukses menjadi distributor resmi dengan nama MS Glow Distributor Makassar. Modalnya sangat besar, mencapai Rp 5 miliar.

"Dari reseller, member, agen, dan akhirnya menjadi distributor. Itu tidak mudah, banyak tantangannya," tuturnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Timur
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved