Breaking News:

Doni Manardo

Apa Prestasi Doni Monardo Habis Pensiun Kini Ditunjuk Jadi Komut BUMN Beraset Rp162 Triliun

Mantan Kepala BNPB Doni Monardo kini dapat jabatan baru pasca pensiun dari dinas TNI. Ia pimpin perusahaan beraset Rp162 triliun.

bnpb.go.id
Mantan Kepala BNPB Indonesia Doni Monardo menjadi komisaris utama di PT Inalum. 

TRIBUN-TIMUR.COM- Mantan Kepala BNPB Doni Monardo kini dapat jabatan baru pasca pensiun dari dinas TNI.

Menteri BUMN, Erick Thohir menunjuk mantan Kepala BNPB Letjen Purn TNI Doni Monardo sebagai Komisaris Utama PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) atau Inalum.

Pengangkatan Doni Monardo ditetapkan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan perseroan Kamis (10/6/2021).

Erick Thohir menilai pengangkatan Doni Monardo sebagai Komut Inalum sangat penting bagi kemajuan Inalum.

Menurut Erick, kepedulian dan kiprah Doni Monardo di bidang pemulihan lingkungan hidup menjadikannya figur yang dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara upaya pemberdayaan dan menjaga keberlanjutan lingkungan yang dilakukan Inalum serta anak-anak perusahaannya.

Baca juga: Mengejutkan Elektabilitas Habib Rizieq Kalahkan Airlangga, Muhaimin, Surya Paloh Hingga Erick Thohir

Erick juga menilai Doni memiliki pengalaman, kemampuan, jaringan serta prestasi yang sudah tidak diragukan lagi.

Sepak terjang kepemimpinan Doni dalam memimpin Satgas Penanganan Covid-19, sambung Erick Thohir, dirasakan dari Aceh hingga Papua.

Selain itu, dalam penangganan bencana, Doni juga mengedepankan pemanfaatan lingkungan. Seperti pemulihan daerah aliran sungai Citarum, penghijauan di Sulawesi Selatan.

“Beliau mengedepankan dialog dan kolaborasi lintas stakeholder untuk mengatasi masalah, dan mencapai kemajuan,” ujar Erick dalam keterangan tertulisnya, Jumat (11/6/2021).

Inalum merupakan holding BUMN industri pertambangan dengan anggota PT Freeport Indonesia, PT ANTAM Tbk, PT Bukit Asam Tbk, PT Timah Tbk dan saham minoritas di PT Vale Indonesia Tbk.

Baca juga: PROFIL atau Biodata Letjen Ganip Warsito, Kasum TNI Kepala BNPB Baru Gantikan Doni Monardo

“Inalum mengelola aset vital negara di bidang pertambangan yang memiliki rencana besar di bidang kinerja dan aksi korporasi, dengan mementingkan keharmonisan dengan lintas stakeholder, serta pemberdayaan dan perlindungan lingkungan hidup secara berkelanjutan,” ujar Erick.

Doni Monardo terakhir menjabat sebagai Kepala BNPB/Ketua Satgas Penanganan COVID-19 dan kemudian digantikan oleh Kepala Staf Umum TNI Letjen TNI Ganip Warsito. Doni Monardo purna tugas dari TNI pada 1 Juni 2021.

Pada Maret lalu, Doni Monardo dianugerahi gelar doktor honoris causa oleh IPB atas dedikasi dan jasanya dalam penyelamatan lingkungan.

Nilai aset PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) pada 2019 mencapai Rp Rp 162 triliun. Angka ini meningkat jauh bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

"Saat ini aset Inalum sekitar Rp162 Triliun, jauh meningkat dari tahun 2016 sekitar Rp 23 triliun dan tahun 2017 Rp 93 Triliun," ungkap Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin seperti dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Jumat (21/6/2019).(*)

Baca juga: Kepala BNPB Doni Monardo Positif Covid-19 Usai Kunjungi Korban Gempa Mamuju dan Majene Sulbar

Editor: Muh Hasim Arfah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved