Breaking News:

Tribun Gowa

Tingkatkan Pendapatan Desa, Pemkab Gowa Keluarkan Perbup Terkait Pengembangan Bumdes

Peraturan Bupati ini dikeluarkan sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2021 tentang Bumdes dan Peraturan Menteri Desa Nomor 3 Tahun 2021

TRIBUN TIMUR/SAYYID
Pejabat Sekertaris Daerah, (Pj Sekda) Kabupaten Gowa, Hj Kamsina membuka sosialisasi peraturan Bupati dan penataan administrasi Bumdes/Bundesma tahun anggaran 2021, di Gedung D'Bollo, Kamis (10/6/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - Pejabat Sekertaris Daerah, (Pj Sekda) Kabupaten Gowa, Hj Kamsina membuka sosialisasi peraturan Bupati dan penataan administrasi Bumdes/Bundesma tahun anggaran 2021, di Gedung D'Bollo, Kamis (10/6/2021).

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari kedepan (10-11) Juni di Gedung D'Bollo dengan menghadirkan seluruh kepala desa dan pengurus Bumdes.

Dalam sambutannya, Hj Kamsina mengatakan, jika Badan Hukum Bumdes ini diperoleh melalui sejumlah tahapan. 

Diantaranya, pengajuan nama, musyawarah Desa, pendaftaran Bumdes, yang kemudian di verifikasi oleh Kementerian Desa yang dilanjutkan dengan penerusan Data ke Kemenkumham. 

Nantinya, status badan hukum diperoleh saat terbit sertifikat pendaftaran elektronik dari Kemenkumham. 

"Perbup ini sangat bagus karena nantinya Bumdes atau Bumdesma dapat melakukan kerja sama dengan berbagai pihak seperti pemerintah termasuk didalamnya pemerintah desa, dunia usaha, koperasi, Lembaga Non Pemerintah dan lain-lain namun dengan persetujuan melalui musyawarah antar desa atau penasehat yang berwenang," jelas Kamsina. 

Untuk meningkatkan kemampuan keuangan pemerintah desa dalam penyelenggaraan pemerintahan, dan peningkatan pendapatan desa melalui berbagai kegiatan ekonomi masyarakat desa.

Pemerintah Kabupaten Gowa mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 31 Tahun 2021 tentang Bumdes/Bumdesma yang diharapkan mampu menggenjot potensi desa dan peluang pasar. 

Peraturan Bupati ini dikeluarkan sesuai dengan PP Nomor 11 Tahun 2021 tentang Bumdes dan Peraturan Menteri Desa Nomor 3 Tahun 2021 tentang pendaftaran, pendataan, pembinaan dan pengembangan Bumdes/Bumdesma. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gowa, Muhammad Asrul pada Sosialisasi Perbup mengatakan sosialisasi ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada pemerintah desa dan pengelola Bumdes mengenai peraturan tersebut. 

Halaman
12
Penulis: Sayyid Zulfadli Saleh Wahab
Editor: Imam Wahyudi
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved