Breaking News:

Tribun Pinrang

Penguatan Kelembagaan, Bawaslu Lakukan 4 Konsolidasi

Penguatan Kelembagaan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lakukan 4 Konsolidasi

Bawaslu Sulsel
Ketua Bawaslu Sulsel, HL Arumahi jadi pembicara pada Pengembangan dan Pembinaan SDM Bawaslu Kabupaten Pinrang, Kamis (10/6/2021). 

TRIBUN-TIMUR.COM, PINRANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) secara kelembagaan telah melalui proses dan perjuangan luar biasa hingga dapat melaksanakan tugas dan kewenangannya seperti saat ini.

Amanat tersebut tentu harus diiringi dengan kesadaran kolektif yang wajib terbangun di seluruh jenjang kelembagaan Bawaslu.

Ketua Bawaslu Sulsel, HL Arumahi mengurai empat hal yang penting diperkuat dan dibangun dalam rangka menjaga amanat UU tersebut.

"Pertama, konsolidasi kelembagaan harus diperkuat, salah satunya melalui rekrutmen SDM yang terbaik dari tingkat bawah sampai ke atas," katanya.

"Kedua, konsolidasi wawasan antara kesekretariatan dengan para anggota Bawaslu, Ketua menekankan kepada para staf agar memahami aturan dan kerja kepemiluan untuk menunjang kerja lembaga," tambahnya.

Ketiga, lanjut dia, konsolidasi jaringan, yakni bagaimana membuat kerja sama dengan lembaga lembaga lain, dengan memperkuat kerja sama dengan pihak luar itu bisa menjadi ruang kritik untuk internal bawaslu.

"Dan keempat adalah konsolidasi perilaku," kata Arumahi pada kegiatan Pengembangan dan Pembinaan SDM Bawaslu Kabupaten Pinrang, Kamis (10/6/2021).

Ia berharap dengan diperkuatnya empat hal tadi, potensi pelanggaran etik di jajaran penyelenggara dapat berkurang atau bahkan tidak ada lagi.

"Dalam konteks penyelenggara pemilu, integritas ialah bagian utama yang menyokong kualitas penyelenggara pemilu," ujarnya.

Anggota Majelis TPD DKPP Gustiana A Kambo yang juga hadir pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa penyelenggara pemilu itu diibaratkan malaikat yang seharusnya tidak ada memiliki cacat. 

Halaman
12
Penulis: Muhammad Fadhly Ali
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved