Breaking News:

Tribun Gowa

Wabup Gowa Ajak Masyarakat Buang Sampah Pada Tempatnya

Wakil Bupati Gowa H Abd Rauf Malaganni menghadiri kegiatan pemberian penghargaan kepada Bank Sampah Unit Kabupaten Gowa.

Humas Pemkab Gowa
Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni saat memberikan sambutan pada kegiatan pemberian penghargaan kepada Bank Sampah Unit Kabupaten Gowa. 

TRIBUN-TIMUR.COM, GOWA - Wakil Bupati Gowa H Abd Rauf Malaganni menghadiri kegiatan pemberian penghargaan kepada Bank Sampah Unit Kabupaten Gowa.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia berlangsung di Taman Sultan Hasanuddin Sungguminasa.

Dalam sambutanya, Karaeng Kio sapaanya mengenakan Pengelolaan sampah telah menjadi persoalan klasik baik ditingkat lokal, nasional bahkan telah menjadi issu global. 

Dikatakan volume timbunan sampah yang meningkat setiap tahun banyak dipengaruhi oleh peningkatan jumlah populasi dan perubahan pola konsumsi masyarakat yang semakin banyak menggunakan kemasan sekali pakai.

"Hal ini juga terjadi di Kabupaten Gowa yang memiliki posisi strategis yang menarik pertumbuhan industri dan kawasan permukiman dan menjadikan Kabupaten Gowa sebagai salah satu kabupaten dengan penduduk terbesar di Sulawesi Selatan," ujarnya, Rabu (9/6/2021).

Dalam upaya penanganan sampah ini, Karaeng Kio mengatakan perlu keterlibatan semua pihak terutama masyarakat untuk bersama sama membangun kepedulian terhadap kebersihan lingkungan dan membiasakan diri masing-masing. 

"Mari melakukan pengelolaan sampah dengan melakukan pemilahan sampah dan membuang sampah pada tempatnya baik ketika kita di rumah, lingkungan kerja dan dimanapun kita berada," ungkapnya.

Saat ini, kata dia, Pemerintah Kabupaten Gowa telah melakukan berbagai langkah-langkah untuk memperbaiki penyelenggaraan pengelolaan persampahan.

Baik dari aspek pengurangan maupun penanganan sampah, seperti kegiatan sosialisasi pemilahan sampah, penggunaan thumbler dan himbauan bersih-bersih lingkungan.

Demikian pula dengan upaya penanganan sampah melalui penyediaan sarana pengangkutan sampah dan fasilitas TPS 3R yang menunjukkan komitmen serius pemerintah untuk meningkatkan cakupan wilayah pelayanan dan peningkatan kapasitas layanan pengelolaan sampah di Kabupaten Gowa.

Halaman
12
Penulis: Sayyid Zulfadli Saleh Wahab
Editor: Suryana Anas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved