Breaking News:

Rilis UNM

Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berkarakter Kewirausahaan Solusi di Era Globalisasi

Model pembelajaran ini diperuntukkan untuk pelaku dunia pendidikan tinggi yang nantinya akan diterapkan pada proses pembelajaran

Dok Pribadi
Kandidat doktor bidang Pendidikan Vokasi pada Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Taufiq Natsir (57) 

TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR - Di tengah persaingan global yang semakin memberikan tantangan bagi setiap pelaku usaha dan perusahaan tentunya mengisyaratkan agar setiap pelaku usaha dan industri untuk memiliki keunggulan-keunggulan agar tetap mampu bersaing.

Untuk unggul dan tetap bersaing diperlukan kreatifitas dan inovasi dari pelaku dunia usaha dan dunia industri. 

Permasalahan lain yang tidak kalah penting untuk menjadi fokus perhatian berbagai kalangan saat ini adalah tingginya angka pengangguran. 

Hal ini disebabkan karena lulusan pendidikan belum mampu menjawab tuntutan dunia kerja. 

Selain itu, rendahnya kompetensi dan minimnya soft skills yang dimiliki oleh calon tenaga kerja sehingga alokasi lapangan pekerjaan tidak sepenuhnya terpenuhi. 

Mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan langkah-langkah strategis dari berbagai unsur pemangku kebijakan yang terkait. Permasalahan ketenagakerjaan dan pengangguran sebenarnya dapat diatasi baik secara langsung dan tidak langsung. 

Secara langsung, pemangku kebijakan sebenarnya dapat diatasi dengan membuka berbagai lapangan kerja serta menciptakan proyek padat kerja. 

Akan tetapi hal tersebut membutuhkan laju perekonomian yang tinggi. 

Sedangkan secara tidak langsung, langkah yang dapat ditempuh yakni dengan membekali pengetahuan, keterampilan, serta menumbuhkan sikap kewirausahaan pada pencari kerja melalui pengembangan program kewirausahaan. 

Kandidat doktor bidang Pendidikan Vokasi pada Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Taufiq Natsir (57) mendesain sebuah model pembelajaran yang memiliki ciri khas pembelajaran berbasis proyek berkarakter kewirausahaan yang dapat mengikuti pola trend yang terjadi akibat dampak dari isu global saat ini.

Halaman
12
Editor: Suryana Anas
Sumber: Tribun Timur
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved