Breaking News:

Tribun Wajo

Bupati Wajo Serahkan Tiga Ranperda ke DPRD Wajo

Tiga rancangan peraturan daerah (Ranperda) diserahkan Bupati Wajo, Amran Mahmud ke DPRD Wajo, Selasa (8/6/2021).

TRIBUN-TIMUR.COM/HARDIANSYAH ABDI
Tiga rancangan peraturan daerah (Ranperda) diserahkan Bupati Wajo, Amran Mahmud ke DPRD Wajo, Selasa (8/6/2021). 

TRIBUNWAJO.COM, SENGKANG - Tiga rancangan peraturan daerah (Ranperda) diserahkan Bupati Wajo, Amran Mahmud ke DPRD Wajo, Selasa (8/6/2021).

Penyerahan ranperda itu dilakukan dalam rapat paripurna anggota DPRD Wajo, yang dipimpin langsung Ketua DPRD Wajo, Andi Muhammad Alauddin Palaguna.

Andi Muhammad Alauddin Palaguna yang membuka rapat paripurna itu menyampaikan bahwa agenda paripurna I masa sidang III, tahun sidang 2020/2021 itu yakni mendengar penjelasan Bupati Wajo terkait pengajuan tiga ranperda itu.

"Agenda rapat paripurna hari ini adalah mendengar penjelasan Bupati Wajo terkait tiga ranperda yang diserahkan ke DPRD Wajo," katanya.

Dua dari ranperda itu adalah untuk mengubah perda yang telah ada sebelumnya dan dianggap lagi tidak relevan dan perlu diperbarui.

Sementara, satu ranperda yakni untuk mencabut perda yang telah ada sebelumnya dan dinilai sudah tak relevan lagi diterapkan.

Tiga ranperda yang telah diajukan Pemerintah Kabupaten Wajo yakni, pertama adalah Pencabutan Peraturan Daerah Kabupaten Wajo Nomor 17 Tahun 2018 tentang Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti  Rugi Keuangan dan Barang Daerah.

Kedua, adalah Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Wajo Nomor 31 Tahun 2011 tentang Retribusi Tempat Pelelangan.

Ketiga, yakni Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Wajo Nomor 7 Tahun 2014 tentang Sistem Penyelenggaraan Pendidikan.

Bupati Wajo, Amran Mahmud, menyampaikan bahwa tiga ranperda tersebut dinilai sangat dibutuhkan dan urgen untuk segera dibahas.

"Atas nama pemerintah Kabupaten Wajo mengucapkan terimakasih kepada anggota DPRD Wajo, atas perhatiannya untuk membahas ketiga Ranperda yang telah kami ajukan," katanya.

Politisi PAN itu berharap, bahwa apa yang dilaksanakan hari ini dapat menjadi tolak ukur dari langkah dan gerak pengabdian, sehingga tetap berjalan sesuai dengan koridor hukum.

"Semoga apa yang kita lakukan dapat memberi sumbangsih untuk suksesnya pembangunan di masa yang akan datang, menuju masyarakat yang amanah dan sejahtera," katanya.

Usai mendengar penjelasan Amran Mahmud, acara itu dilanjutkan dengan penyerahan ranperda ke DPRD Wajo.

Lalu, sebanyak tujuh fraksi di DPRD Wajo memberikan pandangan umumnya atas tiga ranperda yang diajukan Pemerintah Kabupaten Wajo ke legislatif untuk dibahas.(*)

Penulis: Hardiansyah Abdi Gunawan
Editor: Hasriyani Latif
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved